Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Setahun, di Tuban Ada 4 Konflik Agama

Semakin beragam pemeluk agama di Kabupaten Tuban, tentu akan diiringi dengan munculnya potensi konflik. Sepanjang tahun 2019, ada empat konflik agama yang terekam.

Idul Fitri 1441 Hijriah

Laksanakan Salat Ied Tanpa Jamaah Perempuan, Ibu-Ibu di Rumah Saja

Ada yang berbeda dari pelaksanaan sholat Idul Fitri yang ada di Desa Simo Kecamatan Soko. Tepatnya di area Masjid Al-Hidayah, Dusun Pulerejo, Desa Simo. Yang mana jamaah salat Ied hanya diisi oleh jamaah laki-laki, tanpa melibatkan jamaah perempuan.

Idul Fitri 1441 Hijriah

Open House Bersama Bupati dan Wabup Ditiadakan

Tahun ini perayaan Idul Fitri di Kabupaten Tuban dilakukan dengan cara berbeda. Biasanya dalam sepekan Bupati Tuban, Fathul Huda maupun Wabup Noor Nahar padat jadwalnya menerima masyarakat yang ingin halal bihalal.

Hilal 1 Syawal Tak Tampak, Puasa Genap 30 Hari

Tim Badan Hisab Rukyat (BHR) Kantor kemenag Tuban menggelar rukyatul hilal penentuan 1 Syawal 1441 H /2020 Masehi, Jum'at (22/5/2020) sore di menara pantau Desa Banyuurip, Senori, Tuban. Hasilnya, hilal belum terlihat karena ketinggian min 3° dibawah ufuk.

UPZ Kemenag Tuban Gelontorkan Ratusan Juta di Bulan Ramadan

Menjelang akhir Ramadhan 1441 H, Kemenag Tuban gelontorkan dana ratusan juta yang dibungkus dengan giat pentasyarufan secara kolektif dana BAZNAS kabupaten Tuban pada PTT, penjaga malam, duafa, yatim dan sabilillah melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Tuban, Selasa (12/5/2020) di aula kantor tersebut.

Jadwal Imsakiyah Wilayah Kabupaten Tuban, Selasa (12/5/2020)

Ibadah puasa telah memasuki hari ke-19 pada Selasa (12/5/2020). Jadwal imsakiyah Kabupaten Tuban, yang di dalamnya ada waktu imsak dan magrib (buka puasa) akan memudahkan umat Islam di Bumi Wali menjalankan ibadah puasa.

Nikah Malem Songo di Tuban Daftar Secara Online

Di tengah pandemi Virus Corona (Covid-19), Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menerapkan pendaftaran nikah Malem Songo atau malam 29 bulan ramadan secara online.

Jadwal Imsakiyah Kabupaten Tuban, Sabtu (9/5/2020)

Ibadah puasa telah memasuki hari ke-16 pada Sabtu (9/5/2020). Jadwal imsakiyah Kabupaten Tuban, yang di dalamnya ada waktu imsak dan magrib (buka puasa) akan memudahkan umat Islam di Bumi Wali menjalankan ibadah puasa.