Skip to main content

Category : Religi, Sastra & Budaya


Apakah Inhaler/ Nebulizer Membatalkan Puasa?

Berpuasa di cuaca yang panas membuat banyak orang mengonsumsi es ketika berbuka puasa. Terlalu banyak es, terkadang membuat orang terserang flu atau pilek. Untuk mencegah pilek berkepanjangan Inhaler menjadi salah satu pilihan. Karena, meminum obat tidak memungkinkan karena puasa.  

Maksimalkan Air Bengawan, Petani Ngadirejo Olah Lahan

 Seiring berjalannya musim kemarau yang melanda sebagian besar wilayah di Kabupaten Tuban, banyak lahan pertanian terbengkalai, tak diolah sebab pasokan air dari wilayah terdekat berangsur hilang. Namun, hal itu tak berlaku bagi kalangan petani dekat aliran Sungai Bengawan Solo.

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi’in

Kemerdekaan 

Sesungguhnya setiap bangsa itu memiliki kematian. Dan kematian setiap bangsa adalah hari kelenyapan kemerdekaan bangsa itu sendiri.  

Inilah Jadwal Keberangkatan Jemaah Haji Tuban Tahun 2018

 Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Jawa Timur (Jatim) mengumumkan jadwal pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji embarkasi Surabaya Tahun 1439 H / 2018 M. Pemberangkatan terbagi menjadi dua gelombang.

Cerita dari Pesantren

Sembunyikan Celana Dalam

Hidup di pesantren,memang sangat menguras emosi. Selain harus belajar mandiri dan memendam kangen karena jauh dari orangtua dan saudara. Santri juga harus punya stok sabar berlebih. Apalagi kalau punya teman jahil seperti Zaid.  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Peradaban

Peradaban yang benar adalah suatu perilaku yang dapat membuat orang yang beradab sehat fisik dan akal pikirannya. Kemudian membungkusnya dengan pakaian yang membuatnya tampak indah mempesona di kalangan keluarga, golongan, dan masyarakat lingkungannya, serta bakal menjadikannya bahagia di dunia dan akhiratnya.

Cerita dari Pesantren

Ketemu Artis Panas

Santri yang biasa hidup di pondok, dengan aturan ketat dan sehari-harinya menghadapi kitab-kitab agama, tiba-tiba dipertemukan dengan artis. Artis yang biasa memerankan adegan-adegan panas lagi. Bisa membayangkan nggak bagaimana tingkahnya, hehehe...  

Kajian Kitab Klasik Idhotun Nasyi'in

Kemewahan (Pemborosan) 

Kemewahan, apabila telah mendapat jalan yang leluasa menuju jiwa bangsa, maka hanyalah akan merusak bangsa itu. Kemewahan itu dapat menjadikan hina terhadap kejayaannya, mencabik-cabik kekayaannya, menjatuhkan kemuliannya dan menghancurkan hasil pembangunan bangsa.   

Cerita dari Pesantren

Rebutan Posisi Belakang

Bagi para santri, hal terberat dalam kehidupan di pesantren adalah harus menghafal. Model ngaji sorogan, atau setoran hafalan pada Kiai atau pengasuh pesantrennya banyak ditakuti. Termasuk Zaid, tokoh santri kita ini.