Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Berdarah Indonesia dari Sang Ibu

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com - Pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia bagi dua pesepakbola asal Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, terlaksana pada Senin (30/9) di Brussel, Belgia

Proses naturalisasi ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Eliano Reijnders saat ini bermain sebagai gelandang di klub Eredivisie, PEC Zwolle. Pemain berusia 23 tahun ini memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy, yang berasal dari Ambon dan lahir di Jakarta. 

Eliano juga merupakan adik kandung dari gelandang AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reijnders.

Sementara itu, Mees Hilgers, yang juga berusia 23 tahun, bermain sebagai bek utama di FC Twente. Pekan lalu, Hilgers mencuri perhatian saat timnya menahan imbang Manchester United 1-1 di ajang Europa League. 

Mees memiliki darah Indonesia melalui sang ibu, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara.

Proses naturalisasi keduanya dipercepat oleh pemerintah Indonesia. Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa percepatan ini dilakukan karena kebutuhan mendesak Timnas Indonesia jelang laga penting melawan Bahrain dan Cina pada Oktober mendatang. 

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan X DPR, Dirjen AHU, Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI bagi dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano. Mengapa dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain tidak punya jeda waktu jika harus di Indonesia. Kami berharap keduanya bisa segera bergabung dengan Timnas," ujar Erick Thohir dalam siaran resminya, Selasa (1/10/2024).

Proses percepatan ini dimulai dari pembahasan di Komisi III dan X DPR yang langsung menyetujui naturalisasi pada Kamis (26/9). Pada hari yang sama, PSSI berkoordinasi dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, hingga akhirnya Keputusan Presiden terkait naturalisasi Mees dan Eliano diterbitkan.

Acara pengambilan sumpah di Brussel dihadiri oleh perwakilan Kemenkumham, Dirjen AHU Cahyo Rahadian Muzhar, Duta Besar RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Erick Thohir berharap kehadiran kedua pemain ini akan memberikan kekuatan baru bagi Timnas Indonesia. "Saya optimistis, coach Shin Tae-yong akan menyusun strategi yang tepat dengan hadirnya Mees dan Eliano. Kedua pemain ini merupakan andalan di klub mereka masing-masing," lanjut Erick.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Bahrain pada 10 Oktober dan Cina pada 15 Oktober 2024, dalam laga tandang yang krusial.