KSOP Tanjung Pakis Gandeng Masyarakat Jenu Tuban Bersihkan Pesisir Laut Jawa

Reporter : Mochamad Nur Rofiq 

blokTuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) ke-53, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjung Pakis menggelar kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Pantai Cemara, Desa Sugihwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, pada Jumat (27/9/2024). 

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Forkopimka Jenu, pimpinan instansi vertikal, dan masyarakat setempat.

Camat Jenu, Yoeliani Endang Poerwati, dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Kepala UPT Perhubungan Laut Jawa Timur, Kepala KSOP Tanjung Pakis, serta seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini. 

Yoeliani juga menekankan bahwa Kecamatan Jenu, yang terdiri dari 17 desa dengan 12 desa di antaranya berada di pesisir Laut Jawa, memiliki potensi alam yang besar untuk mendukung perekonomian masyarakat.

“Terima kasih kepada KSOP Tanjung Pakis yang telah memilih Kecamatan Jenu sebagai lokasi kegiatan Harhubnas,” ujar Yoeliani.

Kebersamaan ini sangat dibanggakan, dan ini menjadi promosi wisata sekaligus kesempatan untuk mengenal lebih dalam wilayah Jenu. 

Gerakan bersih laut dan pantai ini merupakan langkah penting untuk menyelamatkan lingkungan agar dapat dinikmati oleh generasi mendatang. 

Kepala KSOP Tanjung Pakis, Capt. Subuh Fakkurochman, S.E., M.H., M.Mar, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas dukungan Forkopimka Jenu dalam kegiatan ini. 

Dia juga menegaskan bahwa salah satu komitmen Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yang diwakili oleh UPT dan KSOP Tanjung Pakis, adalah perlindungan lingkungan maritim.

“Kami sangat fokus pada pencegahan pencemaran laut, baik dari limbah maupun asap. Kami pastikan tidak ada kapal di perairan Jenu dan Lamongan yang tidak bersertifikasi,” jelas Capt. Subuh.

Capt. Subuh menambahkan perlindungan maritim merupakan isu global yang dimulai dari Tuban dan Lamongan. Dengan pantai yang bersih, potensi wisata di Jenu akan mendatangkan lebih banyak pengunjung, sehingga dapat meningkatkan ekonomi warga. 

Sebagai bagian dari acara, Capt. Subuh secara simbolis menyerahkan alat kebersihan kepada Forkopimka Jenu dan life jacket kepada para nelayan di Desa Beji dan Kaliuntu. 

Selain itu, kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemutaran video penanggulangan pencemaran laut, serta dukungan peralatan darat dan laut seperti speed boat, kapal tugboat, kapal KSOP Tanjung Pakis, truk, dan ambulans.

"Kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan laut serta mendukung pengembangan potensi wisata bahari di Kabupaten Tuban, khususnya di Kecamatan Jenu," pungkasnya. [Rof/Ali]