Lima Hari Maskot Si Jalih akan Dikirab Keliling Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar kirab maskot Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 Provinsi Jawa Timur, "Si Jalih," yang diterima dari KPU Kabupaten Lamongan di GOR Rangga Jaya Anoraga pada Minggu (25/8/2024).

Maskot "Si Jalih" diserahkan langsung oleh KPU Kabupaten Lamongan kepada KPU Kabupaten Tuban dalam acara tersebut, yang juga menandai dimulainya kirab Si Jalih ke seluruh wilayah Kabupaten Tuban.

"Acara ini merupakan serah terima maskot Si Jalih dari KPU Kabupaten Lamongan kepada KPU Kabupaten Tuban, sekaligus menjadi pembuka untuk melaksanakan kirab di seluruh kecamatan di Tuban," kata Zakiyatul Munawaroh, Ketua KPU Tuban.

Zakiya menjelaskan bahwa pada Senin (26/8), pihaknya akan memulai kirab maskot si Jalih dan si Walan (maskot Tuban) ke Kecamatan Bancar dan Jatirogo.

Ia juga menyampaikan bahwa di Kecamatan Bancar akan diadakan sosialisasi di sekitar Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

"Besok, kami akan mengirab Si Jalih ke Kecamatan Bancar dan melakukan sosialisasi di sekitar TPI, lalu melanjutkan kirab ke Jatirogo yang bersamaan dengan karnaval di sana," jelasnya.

Zakiyatul menambahkan bahwa kirab di Kabupaten Tuban akan selesai pada Jumat (30/5), setelah itu, maskot Si Jalih akan diteruskan ke Kabupaten Bojonegoro.

"Hingga tanggal 30, kirab akan berlangsung selama lima hari di seluruh Kabupaten Tuban. Setelahnya, kami akan menyerahkan maskot kepada Kabupaten Bojonegoro," pungkasnya.