Wasit Indonesia Siap Bersaing di Tingkat Internasional

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - PSSI berharap para wasit semakin kompeten setelah menyelesaikan kursus untuk Liga 1 musim 2024/2025 yang berlangsung dari 29 Juni hingga 5 Juli 2024 di Depok. 

Harapan ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria pada penutupan acara, bersama anggota Komite Eksekutif PSSI Rudi Yulianto.

Tisha mengharapkan para wasit Indonesia semakin kompeten dalam bersaing di tingkat internasional, meningkatkan kualitas teknis, dan tetap berintegritas.

Dia menjelaskan bahwa kursus selama lima hari tersebut merupakan bagian dari inovasi di bidang perwasitan di bawah kepemimpinan Ketua Umum Erick Thohir, sebagai persiapan menuju Liga 1 2024/2025. 

Persiapan ini sangat intensif, meskipun pelatihan di balik layar telah dilakukan sejak tiga bulan sebelumnya.

Materi kursus dibagi menjadi tiga bagian besar: persiapan kebugaran dengan menggunakan FIFA fitness test level 1, pengetahuan untuk practical game yang dipimpin oleh instruktur dari Jepang, dan persiapan mengenai VAR yang diintegrasikan dalam satu kursus teknikal oleh instruktur dari FIFA, Subkhiddin Mohd Salleh.

Tisha mengucapkan terima kasih kepada anggota PSSI, Asosiasi Provinsi (Asprov), suporter, dan pecinta sepak bola Indonesia yang telah mendukung, serta menyatakan bahwa para wasit sudah siap menghadapi kompetisi baru.

“Kami siap berlaga dan menunjukkan hasil latihan selama ini,” tutupnya. [Dwi/Ali]