Kompetisi Catur Klasik Warnai Porkab 2024 di Tuban, Semanding dan Bangilan Berjaya

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Selama dua hari berturut-turut, mulai Sabtu-Minggu (29-30/6/2024) sebanyak 77 atlet catur dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban mengikuti kompetisi Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) 2024 di Aula Tuban Abirama. 

Kejuaraan yang dihelat Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Tuban menerapkan skema permainan catur klasik dengan waktu 1 jam untuk masing-masing babak.

Keluar sebagai pemenang Porkab 2024 Kategori Putri peraih medali emas diperoleh Alina Fadhila dari Kecamatan Bangilan Bangilan. 

Peraih medali perak yaitu Narussa Diyah dari Kecamatan Semanding dan medali perunggu didapat oleh Ayu Sagita dari Kecamatan Widang xan Syifa Sukma dari Kecamatan Plumpang.

Selanjutnya, kategori putra untuk medali emas diraih Rafi Prawira dari Kecamatan Soko dan Medali Perak diraih Syayoda Wifi dari Kecamatan Semanding. 

Sedangkan, peraih medali perunggu yaitu Rahmat Hadi dari Kecamatan Palang dan Tamim Tsaqib dari Kecamatan Tuban.

"Ada 7 babak yang dipertandingkan," ujar Ketua Percasi Kabupaten Tuban, Suwandi ketua Percasi Tuban kepada blokTuban.com.

Menurut dia, peserta turnamen catur dalam rangka Porkab 2024 ini harus warga Tuban yang dibuktikan dengan KTP dan Akta Kelahiran. 

Kemudian, batas usia peserta yang ikut maksimal 21 tahun atau maksimal kelahiran 31 Desember 2002. Sedangkan, untuk masing-masing kecamatan maksimal bisa mengirimkan 2 orang putra dan 2 orang putri.

"Ada dua kategori yang dilombakan yaitu kelompok putri dan kelompok putra," katanya. 

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan dan Olahraga, Disbudporapar Kabupaten Tuban, Arman Mitra seusai menyerahkan medali kepada para atlet memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Percasi lantaran sukses menggelar Porkab 2024. 

Ia berharap, even porkab tersebut menjadi ajang pembinaan untuk atlet di Kabupaten Tuban. Tentu dengan memperbanyak kejuaraan dan turnamen maka bisa memunculkan atlet-atlet yang berprestasi.

"Selain perbanyak menggelar even, Percasi juga harus intens melalukan pembinaan terhadap atlet-atlet yang ada di Kabupaten Tuban," ucapnya. [Ali/Dwi]