Dominasi Gemilang Jerman di Euro 2024: Skotlandia Dibantai 5-1

Reporter : Dwi Rahayu

blokTuban.com - Tim Nasional Jerman memulai kampanye Euro 2024 dengan cemerlang, menghancurkan Skotlandia dengan skor 5-1 pada pertandingan pertama Grup A di Allianz Arena, Munich, Sabtu (15/6) dini hari WIB.

Sejak awal pertandingan, Jerman langsung menunjukkan dominasi. Gol cepat Florian Wirtz pada menit ke-10 membawa Der Panzer unggul.

Keunggulan Jerman digandakan oleh Jamal Musiala pada menit ke-23, diikuti penalti sukses Kai Havertz di menit ke-38.

Kondisi Skotlandia memburuk setelah bek Ryan Porteous dikartu merah pada menit ke-43 karena pelanggaran keras terhadap Ilkay Gundogan.

Dengan 10 pemain, Tartan Army—julukan Skotlandia, semakin sulit keluar dari tekanan Jerman.

Jerman memanfaatkan keunggulan pemain dengan baik. Pada babak kedua, mereka terus menekan pertahanan Skotlandia dan menambah dua gol lagi.

Gol pertama pada babak kedua dicetak oleh Niclas Fullkrug pada menit ke-68, dan gol kedua oleh Emre Can di menit ke-90+3.

Skotlandia sempat memperkecil skor pada menit ke-87 melalui gol bunuh diri Antonio Rudiger. Namun, gol tersebut tidak cukup untuk menghindarkan mereka dari kekalahan telak.

Kemenangan ini menjadi awal yang sempurna bagi Jerman di Euro 2024 dan modal penting untuk lolos ke babak selanjutnya.

 

Susunan Pemain Jerman vs Skotlandia:

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer; Maximilian Mittelstadt, Jonathan Tah, Antonio Rudiger, Joshua Kimmich; Toni Kroos, Robert Andrich; Florian Wirtz, Ilkay Gundogan, Jamal Musiala; Kai Havertz.

Skotlandia (3-4-3): Angus Gunn; Kieran Tierney, Jack Hendry, Ryan Porteous; Andy Robertson, Callum McGregor, Scott McTominay, Anthony Ralston; John McGinn, Ryan Christie; Che Adams.

 

Sumber: Suara.com jejaring media blokTuban.com.