Petualangan Snorkeling dan Kano di Suruan Ecopark Tuban

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Snorkeling adalah aktivitas menikmati pemandangan bawah air yang biasanya dilakukan di laut. Namun, bagi Anda yang tidak bisa pergi ke pantai, kini hadir Wisata Suruan Ecopark dengan konsep pantai air tawar di Desa Twiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Tempat wisata ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari pusat Kota Tuban, Minggu (26/5/2024). 

Pemandangan pasir putih di tengah hutan sagu yang sejuk memberikan nuansa kemewahan tersendiri bagi pengunjung. Wahana yang sedang populer di sini adalah snorkeling, di mana pengunjung bisa menyelam dan menikmati keindahan bawah air yang jernih dengan ikan-ikan berwarna-warni.

Meski berada di perairan air tawar, air di tempat ini cukup jernih sehingga Anda bisa melihat keindahan bawah air dengan jelas. 

Ada dua area snorkeling, satu untuk anak-anak yang dangkal dan dekat dengan pantauan orang tua, serta satu area khusus untuk dewasa yang biasanya harus dicapai dengan menyusuri sungai menggunakan kano terlebih dahulu.

Biaya masuk ke Wisata Suruan Ecopark hanya Rp 20.000 per orang dan sudah termasuk semua wahana yang tersedia.

"Habis main snorkeling dan naik padelbot, asik sekali melihat indahnya bawah air dan banyak ikan. Saya sudah datang ke sini 2-3 kali dan tidak bosan," ujar Mudrik (30), salah satu pengunjung.

Meski baru buka dua bulan lalu, wisata ini sudah ramai dikunjungi. Dalam sehari, jumlah pengunjung bisa mencapai 50-100 orang, tidak hanya dari Tuban tetapi juga dari daerah lain.

Menurut pengelola wisata, Puji Ananta, konsep wisata ini adalah pantai air tawar dengan wahana favorit snorkeling karena jarang ada di Tuban.

"Konsepnya wisata pantai air tawar. Ada kano transparan, kano biasa, kapal besar, supboard, dan snorkeling. Yang paling diminati adalah snorkeling karena jarang ada di Tuban, pengunjung bisa menyelam dan melihat ikan serta keindahan bawah air," jelasnya. 

Selain snorkeling, wisatawan juga bisa bermain kano dan perahu untuk menyusuri sungai sambil memberi makan ikan.

[Dwi/Ali]