Indonesia Tempati Posisi Kedua Klasemen Sementara setelah Kalahkan Australia

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tim U-23 Indonesia sukses meraih kemenangan penting dalam pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024. 

Mereka berhasil mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, pada Kamis (18/4).

Komang Teguh menjadi pencetak gol tunggal bagi Indonesia tepat pada menit ke-45, sementara Ernando Ari menonjol sebagai pahlawan Indonesia karena berhasil menghalangi sejumlah peluang emas Australia, termasuk satu tendangan penalti.

"Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terimakasih atas doa dan dukungan yang diberikan kepada kami," kata Ernando seusai pertandingan.

Gelandang Marselino Ferdinan juga menyatakan kegembiraannya, "Terimakasih kepada seluruh tim, suporter, dan semua yang telah mendoakan dan mendukung kami. Terimakasih juga untuk Ernando yang tampil luar biasa pada laga ini. Selanjutnya, kita fokus untuk laga melawan Yordania dan optimis meraih hasil terbaik," ujarnya.

Kemenangan ini membuat Indonesia menempati posisi kedua klasemen sementara dengan tiga poin. Mereka akan menghadapi Yordania pada laga pemungkas Minggu (21/4).

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, menyatakan kebanggaannya atas performa tim, "Para pemain benar-benar menunjukkan bagaimana Indonesia seharusnya bermain. 

"Saya sungguh menghargai dan bangga dengan semangat mereka yang tidak hanya mampu bangkit setelah kekalahan di pertandingan sebelumnya, tetapi juga bermain dengan semangat yang tinggi. Ini adalah hal yang diharapkan dari tim nasional Indonesia oleh kita semua," katanya. 

Meski kalah tipis dalam penguasaan bola, ketenangan mental dan kesulitan menahan serangan Australia membuat tim Indonesia mampu mempertahankan gawangnya, terutama saat Ernando berhasil menahan tendangan penalti striker Australia, Mohames Toure, di menit ke-25.

"Saya berharap ini menjadi modal besar untuk laga penentu melawan Yordania besok. Kerja keras akan menentukan hasil. Meski ada pertandingan lain yang juga mempengaruhi posisi akhir di grup, namun kita semua sepakat bahwa selama seluruh pemain bertarung hingga peluit akhir, kita akan selalu bangga dan mendukung timnas," tambah Erick. [Dwi/Ali]