[SALAH] Video Pesawat American Airlines Tergelincir di Bandara O’Hare Chicago 18 Januari 2024

blokTuban.com - Cek Fakta 

Berita

“ALERT: CHICAGO O’HARE GROUNDS ALL FLIGHTS AMID SNOWSTORM

Chicago’s O’Hare Airport canceled all flights after an American Airlines plane skidded off the runway during a massive snowstorm.

Over 650 flights have been canceled at O’Hare so far.

Source: ABC News”

 

Terjemahan:

PERINGATAN: CHICAGO O’HARE GROUND SEMUA PENERBANGAN DI TENGAH BADAI SALJU

Bandara O’Hare Chicago membatalkan semua penerbangan setelah sebuah pesawat American Airlines tergelincir dari landasan pacu saat terjadi badai salju besar.

Lebih dari 650 penerbangan telah dibatalkan di O’Hare sejauh ini.

Sumber: Berita ABC”

 

HASIL CEK FAKTA

Sebuah postingan di Twitter mengabarkan berita bahwa Bandara O’Hare Chicago membatalkan lebih dari 650 penerbangan karena salah satu pesawat American Airlines tegelincir di landasan pacu saat terjadi badai salju besar. Dalam postingan tersebut juga melampirkan bukti tergelincirnya pesawat.

Setelah ditelusuri, klaim tersebut salah. Faktanya video tersebut sudah lama terpublikasi sejak November 2019, benar adanya pesawat tergelincir di Bandara O’Hare Chicago namun itu terjadi 4 tahun yang lalu. Dilansir dari ABC News, beberapa penerbangan hanya delay hingga 5 jam, tidak menyebutkan bahwa 650 penerbangan dibatalkan pada saat itu.

Dilansir dari AFP, Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa hingga 18 Januari 2024 tidak ditemukan insiden penerbangan seperti pesawat tergelincir di Bandara O’Hare Chicago.

Dengan demikian, pesawat di Bandara O’Hare Chicago tergelincir hingga 650 penerbangan dibatalkan adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

 

KESIMPULAN

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat mengkonfirmasi bahwa saat ini tidak ada insiden pesawat tergelincir di Bandara O’Hare Chicago hingga 18 Januari 2024. Video tersebut adalah video lama yang telah beredar sejak November 2019.

Rujukan

https://abcnews.go.com/Travel/video/plane-slides-off-runway-chicago-due-icy-conditions-66913133

 

https://www.youtube.com/watch?v=rFspszw6Mp8

 

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34FL4MD

 

Keterangan: ini adalah artikel distribusi dari kanal cekfakta.com, link https://cekfakta.com/focus/15645.