Lolos Babak 16 Besar, Indonesia Tantang Australia

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Piala Asia 2023 memberikan jatah empat tim peringkat ketiga terbaik dari enam grup yang ada untuk lolos ke babak gugur. Indonesia menempati peringkat keempat tim peringkat ketiga terbaik sehingga berhak tampil di 16 besar.

Ini merupakan kali pertama tim Merah Putih tembus ke babak gugur dalam lima edisi keikutsertaan. Sejarah ini tercatat setelah Kirgistan berhasil menahan imbang Oman 1-1, pada laga terakhir Grup F di Stadion Abdullan Bin Khalifa, Kamis (25/1/) malam. 

Oman unggul pada menit kedelapan lewat Muhsen Al Ghassani. Kirgistan baru bisa membalasnya pada menit ke-80 lewat Joel Kojo.

Hasil imbang ini membuat Oman finis di posisi ketiga Grup F dengan nilai dua. Oman berada di bawah Indonesia, tim peringkat ketiga Grup D yang mengumpulkan nilai tiga.

"Saya sangat senang. Walau pun satu kali menang dan dua kali kalah, tapi di setiap pertandingan para pemain bekerja keras. Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)," kata Shin Tae-yongTae-yong dalam keterangan resmi dikutip blokTuban.com dari laman PSSI, Jumat (26/1/2024). 

"Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," sambungnya.

Sementara itu, kapten Asnawi Mangkualam bersyukur atas pencapaian ini. 

“Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab do’a dan usaha kita,” kata Asnawi Mangkualam.

Pada babak 16 besar, skuad Garuda sudah ditunggu Australia di babak 16 besar. Duel akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024 mendatang. [Ali/Dwi]