Pelantikan Komisariat Makhdum Ibrahim Tuban Dihadiri Pendiri PMII

Reporter : Dahrul Mustaqim

blokTuban.com - Bertempat di Gedung KH Hasyim Asy'ari Kampus Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Komisariat Makhdum Ibrahim Tuban melangsungkan acara pelantikan pengurus, Minggu (17/12/2023).

Acara pelantikan itu menjadi momen yang istimewa, karena dihadiri langsung oleh salah satu pendiri PMII yang masih sugeng, yakni KH Moensif Nahrowi.

Mohammad Rokawianto, Ketua Komisariat PMII Makhdum Ibrahim Tuban menyampaikan bahwa cikal bakal adanya PMII di Tuban berawal dari Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (STITMA) yang saat ini menjadi kampus IAINU.

"Di Komisariat PMII Makhdum Ibrahim Tuban ini adalah awal adanya PMII di Tuban," terangnya.

Awi, sapaan akrabnya melanjutkan, usai pelantikan pengurus dia akan berfokus untuk meningkatkan kualitas kader PMII, sehingga seiring dengan berjalannya waktu, tidak hanya pengalaman saja yang didapatkan di organisasi PMII, namun kadernya juga harus berintelektual

"Selesai pelantikan, maka harus ada gerakan baru yang bisa meningkatkan kualitas kader PMII," tambahnya.

Sementara itu, KH Moensif Nahrowi merasa bangga dengan organisasi PMII yang semakin berkembang saat ini, mengingat di tahun 1960an menurutnya masih belum banyak kampus, sehingga belum banyak mahasiswa yang ikut PMII.

"Saya merasa bangga dengan perkembangan PMII saat ini, karena sudah banyak kader PMII yang tersebar diseluruh kampus, khususnya kampus yang berlatar belakang NU," katanya.

Lebih lanjut, KH Moensif Nahrowi menjelaskan perkembangan organisasi PMII cepat berkembang dan tersebar di seluruh Indonesia karena memiliki salah satu tokoh yang pernah menjadi Ketua Umum PB PMII pertama, tidak lain adalah Mahbud Djunaidi.

"Mahbub Djunaidi dijadikan Ketua Umum pertama karena beliaunya jelas dari segi nasab, anaknya gaul, cerdas, pinter ngomong, humoris, selain itu dia juga seorang jurnalis di Jakarta, hingga di jadi Pemimpin Redaksi di koran NU," jelasnya.

Pada kesempatan pelantikan itu dihadiri seluruh kader PMII Makhdum Ibrahim baik Rayon Cokrojoyo dan Kusumoyudho, Alumni PMII Makhdum Ibrahim, Ketua DPRD Tuban sekaligus Pendiri PMII di Tuban, serta Ketua IKA PMII Tuban. [Rul/Ali]