Jelang Pemilu, KPU Tuban Gelar Media Gathering dengan Wartawan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menjelang datangnya Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban menggelar Media Gathering bersama puluhan wartawan di Kabupaten Tuban.

Dalam kesempatan tersebut, KPU berkesempatan mengundang hampir semua wartawan yang ada di Bumi Wali Tuban. Baik dari cetak maupun elektronik, seperti halnya televisi, radio, hingga media online. 

Ketua KPU Kabupaten Tuban, Fatkul Iksan mengatakan jika media sebagai penyampai informasi kepada masyarakat atau pemilih, terkait semua tahapan Pemilu. 

"Kita tidak mungkin tidak bisa menyampaikan informasi tentang tahapan ini, dan teman-teman medialah yang selalu aktif berita nya terkait dengan Pemilu," ujarnya Sabtu (16/12/2023). 

Oleh karena Fatkul sapaan akrabnya, mengaku peran media sangat penting dalam tahapan Pemilu ini. Sebab, ia menilai bahwa Pemilu serentak tidak akan bisa sukses tanpa campur tangan media. 

Pasalnya, update berita yang ditulis oleh para wartawan, sangat berdampak besar bagi masyarakat calon pemilih, terutama terkait dengan pendidikan politik, karena informasi yang bisa didapatkan oleh masyarakat adalah dari media. 

"Terlebih lagi sekarang calon pemilih kita itu, yang lebih banyak menerima informasi dari media lebih banyak daripada menerima langsung dari jajaran kami. Oleh karena itu, peranan media sangat penting," bebernya. 

Disisi lain, lanjutnya, peran media selanjutnya yaitu ada pada pengawasan terhadap pelaksanaan tahapan-tahapan Pemilu. Sebab, ia merasa sebagai penyelenggara Pemilu pasti terdapat kekurangan dan juga kelebihan. 

Dengan begitu, kontrol atau pengawasan dari media dinilai sangat penting bagi penyelenggaraan kegiatan tahapan Pemilu 2024.

"Sehingga kita bisa lebih waspada dan teliti dalam menjalankan tahapan-tahapan dalam Pemilu," imbuhnya. [Sav/Dwi] 

 

 

   

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS