Kapolres Tuban Perketat Keamanan 7 Objek Vital Nasional Selama Pemilu

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Kapolres Tuban, AKBP Suryono akan menambah dan memperketat keamanan di 7 objek vital nasional diwilahnya selama Pemilu 2024. 

Penambahan keamanan tersebut disampaikan usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 di Mapolres Tuban, Selasa (17/10/2023). 

"Akan ada pengamanan khusus di 7 objek vital nasional di Tuban. Yang memang setiap bulannya sudah dilakukan pengamanan Direktorat Pamobvit Polda Jatim dan nanti diback up oleh personil Polres Tuban," ujar Kapolres Suryono kepada blokTuban.com. 

Kapolres Suryono menyebutkan beberapa objek vital tersebut, mulai PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI), PLTU Tanjung Awar-awar (PLN Nusantara Power), Pertamina TBBM, PT Solusi Bangun Indonesia, PT. Semen Gresik (SIG) Pabrik Tuban, Pertamina EP Sukowati Field, dan Pertamina Hulu Energy Tuban East Java (PHE TEJ). 

Pengamanan Pemilu dalam operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024, Kapolres menerjunkan 608 personil gabungan dari Polri, TNI Kodim 0811, Kompi Senapan C, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan Linmas. 

Mereka akan bertugas dalam waktu cukup panjang selama 222 hari yang dimulai hari ini. Dalam apel, Kapolres didampingi tamu undangan memeriksa kesehatan dan kelengkapan peralatan pendukung selama operasi. 

Disinggung soal tingkat kerawanan Pemilu 2024, Kapolres Suryono menegaskan bahwa di wilayah Tuban tidak ada daftar wilayah dengan resiko sangat rawan maupun kerawanan tinggi. Namun demikian, situasi Pemilu akan tetap dipastikan berjalan aman dan nyaman. 

"Nanti posko keamaman akan dipusatkan di Mapolres dan lainnya tersebar di 20 Polsek jajaran. Masyarakat dapat langsung melaporkan pelanggaran Pemilu di masing-masing posko tersebut," jelasnya. 

Kapolres juga berpesan agar masyarakat tidak terpicu berita hoaks atau permasalahan sepela yang memicu konflik seperti di wilayah Jawa Tengah. Pesta demokrasi harus diwujudkan dengan suasana senang dan dipastikan Tuban aman, tidak ada kerawanan tinggi ataupun sangat rawan. [Ali/Dwi]