Sukses Suplai Tembakau ke Jateng, Desa Genaharjo Tuban Rintis Kolam Pancing

Reporter : Leonita Ferdyana Harris

 

blokTuban.com – Berhasil menjadi supplier tembakau hingga ke Jawa Tengah, Desa Genaharjo terletak di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban kini mewacanakan pembangunan kolam pancing.

 

Lokasi desa ini berbatasan langsung dengan Desa Kowang dan Penambangan sebelah barat, dan sebelah timur Desa Sembungrejo, Senin (16/10/2023).

 

Dengan mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, tanah desa ini tergolong subur. Musim penghujan dapat ditanami padi dan pada musim kemarau dapat ditanami palawija hingga tembakau.

 

Suburnya tanah desa tidak luput dengan keberadaan sendang dan sumur sumber. Memiliki 4 dusun, tiap dusun di desa ini memiliki sendang dan sumur utama masing-masing.

 

Sekali dalam setahun masyarakat akan mengadakan kegiatan manganan atau sedekah bumi secara bergantian di tempat tempat tersebut. Sedekah bumi punden pilang Minggu pon, punden ndoro Mingu kliwon, sumur panggang minggu pahing, sendang pancur Rabu legi, sumur treme rabu legi, dan kuburan ampo lor kidul kamis wage.

 

Berlimpahnya sumber daya di Desa Genaharjo ini menjadikan aparat desa pada akhirnya menggagas pembangunan wisata kolam pancing yang nantinya akan menarik kedatangan pengunjung.

 

“Kita melihat potensi peningkatan sektor ekonomi jika kolam pancing itu telah resmi berdiri dan dibuka untuk umum,” Tarmudo (38) menyampaikan pada tim bloktuban.

 

Meski masih dalam wacana dan program pembangunan, kolam pancing ini telah dapat digunakan.

 

“kita masih di tahap pengumpulan dana untuk pembangunan lebih lanjut, tapi kolamnya sudah bisa digunakan memancing sejak sekarang,” [Leo/Ali]