Penguatan P5, Siswa SD dari Bojonegoro Belajar Bikin Anyaman Bambu di Desa Kebomlati Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tertarik dengan anyaman bambu warga Desa Kebomlati, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, 73 siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) asal Kabupaten Bojonegoro mengikuti kegiatan workshop anyaman bambu, Sabtu (14/05/2023). 

Sejumlah 73 siswa siswi ini mrupakan gabungan dari murid SD Negeri Karangdayu Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. 

Menurut Sri Purwati guru SD Negeri Karangdayu, jika mereka rela jauh-jauh menuju Desa Kebomlati agar peserta didik bisa belajar kepada pengrajin anyaman bambu secara langsung.

"Anyaman bambu disini bagus pengerjaan rapi, dan tujuan kami agar siswa-siswi bisa belajar langsung kepada ahlinya," ujar Sri Purwati. 

baca juga:

 

Pelajar Tuban Kembali Nikmati Angkutan Gratis pada 19 Oktober

Selain itu menurutnya, dengan mengajak peserta didiknya ke Desa Kebomlati, hal ini sangat sesuai dengan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5. 

"Dengan ada pembelajaran diluar kelas tentunya sangat sesuai dengan P5," imbuhnya. 

Terlebih itu Wati berharap agar usai kegiatan ini nantinya para siswa-siswi nya bisa mengembangkan ilmu anyaman bambu yang didapatkan pada hari ini. Besar harapan Wati agar kerajinan anyaman bambu nantinya tak terlupakan begitu saja. 

Sementata itu Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Zubaidi juga memiliki pemahaman yang sama dengan Wati ia berharap dengan adanya kegiatan seperti ini kerajinan anyaman bambu bisa terus lestari. 

"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini agar kerajinan anyaman bambu bisa tetap lestari, sebab saat ini pengrajin anyaman bambu semakin sedikit," ujar Zubaidi. 

Zubaidi juga sangat membuka pintu lebar-lebar bagi para siswa-siswi baik dari Kabupaten Tuban maupun luar Kabupaten Tuban yang tertarik dan ingin belajar anyaman bambu di Desa Kebomlati. 

"Kami sangat terbuka bagi siapapun yang ingin belajar anyaman bambu di desa kami," pungkasnya. 

Sebagai informasi tambahan Desa Kebomlati sendiri merupakan salah satu desa yang ada di Kabupaten Tuban yang berada di bantaran bengawan solo. 

Disini juga tumbuh subur tanaman bambu. Dengan melimpahnya sumber daya alam tersebut, sebagian masyarakat Kebomlati  memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin anyaman bambu. Bahkan pengrajin bambu sendiri sudah ada di desa ini sejak dahulu dan terus turun temurun ke generasi saat ini.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS