Doa-doa Meluluhkan Hati Orang Lain yang Mustajab

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Bagi umat Muslim yang menginginkan agar hati seseorang menjadi lebih lembut atau terbuka terhadap Anda, Anda dapat menggunakan doa dengan niat yang tulus dan baik. 

Berdoalah dengan penuh kesungguhan, memohon kepada Allah agar Dia membuka hati orang tersebut terhadap Anda atau agar hubungan antara Anda dan orang tersebut menjadi lebih baik. Doa semacam ini harus datang dari hati yang tulus dan tanpa niat jahat.

Berikut ini merupakan salah satu doa yang dapat dibaca untuk melunakkan hati agar diringankan dan dimudahkan untuk berbuat baik.

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُوَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله ربالعالمين

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin.

Artinya: Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman 49)

Sementara itu untuk meluluhkan hati orang yang marah dan berwatak keras. Saat sedang berseteru dengan seseorang, selain dengan meminta maaf, ada doa yang bisa dibaca untuk membuat hatinya luluh. Menurut buku Kumpulan Doa Mustajab Pembuka Pintu Rezeki karya KH. Sulaeman Bin Muhammad Bahri, berikut bacaannya:

Alhamdulillaahi rabbil 'aalamiina, allaahmma shalli wasallim 'alaa sayyidiinaa muhammadin wa'alaa aalihi wasahbihi ajma'iina wa lammaaa sakata 'an muusal ghadhaba a khadzal aleaaha wa fii nuskhatihaa hudaw warahmaatal ladziina hum lirabbihin yarhabuun.

Allaahumma innii asaluka bibhaibati 'azhimatika wabisathwari jalalika an taj'ala mqhabbati fii qalbi fulan bin fulanata wa alqi mahabbatawbwa mawaddatan fii qalbihi wa atthifhu 'alayya bifadhlika ya kariimu

Wasallallaahu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihi wasahbihi wasallam.

Artinya: "Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan sgaabat beliau semuanya, sesudah amarah Musa menjadi reda, lalu diambilnya (kembali) luh-luh (Taurat) itu dalam tulisannya terdapat petunjuk dan rahmat orang-orang yang takut kepada Tuhannya.

Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu, berkat kewibawaan keagungan-Mu dan amukan keluhuranmu agar Engkau jadikan kecintaanku di dalam hati fulan bin fulan (sebut nama yang dimaksud dan ibu bapaknya) dan resapkan kecintaan dan kasih sayang di dalam hatinya dan cenderungkanlah ia kepadaku dengan anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Mulia, dan semoga Allah melimpahkan rahmat da salam kepada Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga dan sahabat beliau."

Selain berdoa, penting juga untuk berusaha membangun hubungan yang baik dan saling menghormati dengan orang tersebut. Komunikasi yang baik, kebaikan, dan pengertian juga dapat membantu melembutkan hati orang lain.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS