3 Doa Orang Tua untuk Anak Dilancarkan Menggapai Cita-cita

Oleh: Dwi Rahayu 

blok Tuban.com - Doa dari orang tua untuk anak-anak mereka adalah tindakan yang penuh kasih sayang dan memiliki banyak makna penting. Doa merupakan wujud ungkapan cinta dan kasih sayang yang mendalam.

Berdoa juga menjadi bentuk dukungan emosional dari ornag tua untuk anak-anaknya dilancarkan menggapai apa yang dicita-citakan. Serta bisa meningkatkan kepercayaan diri mereka saat menghadapi tantangan hidup.

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizholimi, doa orang yang bepergian (safar), dan doa baik orang tua pada anaknya.” (HR. Ibnu Majah no. 3862).

Berikut ini 3 bacaan doa yang bosa diamalkan ornag tua untuk keberkahan dan kelancaran agar anak sukses dan berhasil menggapai cita:

1. Doa agar anak menjadi pintar

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummam-la' quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni'matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: "Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka."

2. Doa agar anak mendapat berkah

اللَّهُمَّ أَصْلِحْ لَنَا فِي أَئِمَّتِنَا وَجَمَاعَتِنَا وَأَهْلِنَا وَأَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَمْوَالِنَا وَفِيمَا رَزَقْتَنَا وَبَارِكْ لَنَا فِيهِمْ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Allahumma ashlih lana fi aimmatina wa jamaa'atina wa ahlina wadzurriyyatina wa amwaalina wafiimaa razaqtana wa baariklana fiihim fid dunya wal aakhiroh.

Artinya: "Ya Allah perbaikilah untuk kami di dalam imam-imam kami, jama'ah kami, keluarga kami, istri-istri kami, anak-anak turun kami, harta-harta kami dan di dalam apa-apa (rizqi) yang engkau berikan kepada kami dan berilah kami kebarokahan dalam urusan mereka di dunia dan akhirat".

3. Doa agar anak diberi perlindungan 

Nabi Muhammad saw kerap melafalkan sebuah doa untuk keselamatan anak cucunya.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U'īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli 'aynin lāmmah.

Artinya: "Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat." (HR Abu Daud).

Namun, penting untuk diingat bahwa doa harus diiringi dengan tindakan konkret. Orang tua juga harus memberikan dukungan praktis, bimbingan, dan pendidikan kepada anak-anak mereka agar mereka memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai cita-cita mereka. Doa adalah satu aspek dari dukungan, tetapi tidak boleh menjadi satu-satunya tindakan yang diambil dalam membantu anak-anak mencapai tujuan mereka.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS