Berikut Kecamatan di Tuban yang Rawan Alami Angin Kencang dan Puting Beliung

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban petakan kecamatan di Tuban yang rawan mengalami angin kencang dan puting beliung selama 5 tahun belakangan. 

Menurut kepala BMKG Kabupaten Tuban Zem Irianto Padama menuturkan jika, berdasarkan laporan yang BMKG terima di sosial media bencana Tuban, untuk 5 tahun terakhir ini, daerah yang rawan mengalami angin kencang atau puting beliung ada 6 kecamatan. 

"Ada sekitar 6 kecamatan yang rawan mengalami angin kencang atau puting beliung," ujar Zem. 

6 kecamatan di kabupaten Tuban tersebut yaitu Kecamatan Jenu, Rengel, Palang, Widang, Soko, Plumpang.

Namun lebih lanjut Zem menjelaskan bahwa terdapat perbedaan antara angin kencang dan puting beliung. 

Untuk puting beliung biasanya terjadi di saat masa peralihan musim kemarau ke musim penghujan, ataupun sebaliknya. 

"Puting beliung itu frekuensi terbanyaknya terjadi saat peralihan musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya," imbuhnya. 

Sementara itu untuk angin kencang sendiri secara pergerakannya yaitu secara searah, dan angin kencang secara fisika bisa terjadi sebab angin daerah tekanan tinggi menuju rendah. 

Selain itu Zem juga menambahkan jika dampak yang ditimbulkan dari angin kencang dan angin puting beliung ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Jika kerusakan hanya di satu rumah biasanya itu disebabkan karena angin kencang, karena faktor konstruksi bangunan yang kurang kuat. 

Sementara dampak yang ditimbulkan dari adanya puting beliung biasanya adanya kerusakan di sepanjang jalur yang dilewati oleh puting beliung tersebut. Namun hal tersebut kembali lagi ke besar kecilnya puting beliung. 

Sedangkan Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tuban Maftuchin Reza selama 2023 mulai Januari sampai saat ini bulan September ada 4 kejadian puting beliung di Tuban. 

"Mulai Januari hingga bulan September ini ada sekitar 4 kejadian puting beliung di Tuban," ujar Maftuchin Reza. 

Namun lebih lanjut Reza tidak membeberkan secara detail 4 kejadian puting beliung tersebut ada di mana saja, begitu pula untuk anggaran penanggulangan bencana puting beliung. Menurut Reza, untuk anggaran penanggulangan bencana tidak ada yang spesifik untuk puting beliung. 

"Untuk anggaran penanggulangan bencana tidak ada yang spesifik untuk puting beliung," imbuhnya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS