Unik! Warga Tuban Arak Gunungan dari Kerajinan Anyaman Bambu Semarakkan HUT RI Ke-78

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kebomlati Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, mengarak gunungan anyaman bambu dan sayuran hasil kebun masyarakat Desa, Minggu (27/08/2023) pukul 07.00 WIB. 

Sekitar 2.000 masyarakat Desa Kebomlati tampak semangat mengarak sebuah gunungan yang terbuat dari berbagai kerajinan anyaman bambu mengitari desa.

Gunungan dari kerajinan anyaman bambu bukan tanpa alasan, sebab desa yang berada di bantaran sungai Bengawan Solo ini merupakan desa yang menjadi sentra pengrajin anyaman bambu di Kabupaten Tuban. 

Menurut Ketua Pokdarwis Zubaidi mengarak gunungan yang terbuat dari berbagai kerajinan anyaman bambu merupakan kali pertama di Desa Kebomlati. 

"Ini kali pertama kita mengarak gunungan anyaman bambu mengitari desa," ujar Zubaidi. 

Zubaidi menambahkan jika tujuan mengarak gunungan kerajinan anyaman bambu agar masyarakat kebomlati lebih bersemangat untuk berkarya dan berinovasi untuk membuat produk-produk kerajinan yang baru. 

Diketahui gunungan tersebut terdiri dari berbagai jenis kerajinan yang terbuat dari anyaman bambu yang di produksi oleh masyarakat sendiri. 

"Gunungan ini terbuat dari berbagai kerajinan mulai dari kipas angin (ilir), kukusan, sangkar ayam, dan juga tempat buah," imbuhnya. 

Usai iring-iringan sampai di garis finish gunungan tak langsung diserbu masyarakat, sampai finishing sembari istirahat masyarakat akan dihibur dengan adanya perform live musik dan pengundian kupon hadiah yang sebelumnya sudah dibagikan. 

Kemudian setelah selesai melakukan pengundian disinilah puncak keseruan dari acara ini yaitu, para masyarakat akan berebut kerajinan anyaman bambu. Tampak para anak-anak, remaja, hingga orang dewasa ikut berebut kerajinan anyaman bambu serta sayuran hasil kebun masyarakat. 

Sementara itu salah satu masyarakat yang ikut berebut gunungan ini Didin (25) mengatakan bahwa kegiatan seperti ini bisa mempererat kekompakan masyarakat sekitar. 

"Menurut saya ini kegiatan yang bagus karena dapat mempererat kekompakan dan kerukunan warga," ujar Didin. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS