KKN Tematik IAINU Tuban Berikan Edukasi Branding Produk untuk Tingkatkan Perekonomian Warga Desa Dasin

Penulis: Siti Lailatul Mufidha

blokTuban.com - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban, telah melaksanakan Workshop Kewirausahaan, yang pada kesempatan kali ini membahas mengenai Branding Produk. Workshop ini dilaksanakan di Pendopo Desa Dasin Kecamatan dan diikuti lebih dari 25 warga Desa Dasin, Selasa (22/8/2023)

Workshop ini dilaksanakan dengan maksud membantu para pelaku UMKM desa Dasin untuk lebih mengembangkan usahanya, terlebih terkait pemasaran produk. Selain skill memproduksi para pelaku usaha juga memerlukan skill pemasaran, bagaimana mengembangkan produk agar selalu mengalami perkembangan dan tidak hanya stuck ditempat.

Brand adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing (Kotler, 2009). Dengan adanya brand maka konsumen akan langsung bisa mengetahui pemilik barang maupun jasa hanya dengan melihat brand tersebut. Inilah yang kemudian menjadi ciri khas bagi setiap brand yang dipasarkan.

baca juga:

SKK Migas dan K3S Jabanusa Gelar Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas

Berdasarkan data yang ada, sekitar 50% masyarakat Desa Dasin adalah pelaku UMKM dengan berbagai jenis usaha, antara lain seperti petani garam, pembuatan tempe, kripik singkong, kerupuk sandariyah (bahan dasar singkong), peyek, ada pula makanan basah seperti gethuk, dan olahan lainnya.

Sebagai bentuk dukungan dari desa untuk para pelaku usaha di Desa Dasin ini, mereka disediakan pasar yang biasa disebut pasar krempyeng. Di Pasar ini sebagian besar para pelaku usaha menjual produknya, ada pula yang sudah memiliki pelanggan maupun distributor sendiri baik itu didalam desa maupun diluar desa.

Pemasaran adalah satu satu aspek terpenting dalam wirausaha, dia jauh lebih penting dari sekadar modal, karena modal dapat dipinjam tetapi pasar harus digeluti dan belum tentu dapat meskipun produk yang ditawarkan sangat bagus. Pemasaran akan memberikan pengalaman, pengetahuan, dan intuisi dalam mendapat kepercayaan pasar.

baca juga:

- Hipmikindo Jaring Ratusan umkm di Tuban, 63 Diantaranya Sudah Teregister Legalitas Produk

- Anggota Hipmikindo Tuban Dapat Pendampingan Pemasaran dan Manajemen Keuangan

Untuk itulah, agar produk dari para pelaku UMKM bisa semakin dikenal oleh masyarakat luar, KKN Tematik IAINU Tuban mengupayakannya dengan memberikan fasilitas dari pemateri ahli, dengan adanya workshop kewirausahaan branding produk ini diharapkan mampu membantu serta menjadi energi tersendiri bagi para pelaku UMKM.

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS