KKN Mahasiswa IAI Al-Hikmah Tuban Implementasikan Penelitian Partisipasi dan Tindakan

Oleh: Zulfatun Anisah

blokTuban.com - Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk dari pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, yang mana pengabdian kepada masyarakat ini adalah  salah satu wujut dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh mahasiswa.

KKN IAI Al-Hikmah Tuban selama ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh ibu Zulfatun Anisah, M.Pd selaku ketua panitai KKN - PAR Tahun Akademik 2022/2023.

"Memang sejak masih STAI Al Hikmah kita menggunakan pendekatan PAR, jadi tahun ini kita hanya meneruskan program yang telah dilakukan oleh panitia KKN terdahulu yang memang dianggap relevan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat," tutur dosen yang sekaligus Kaprodi PGMI tersebut.

Tepat pada tanggal 15 Agustus 2023, dilaksanakan pelepasan peserta KKN -PAR Tahun Akademik 2022/2023 di halaman kampus IAI Al-Hikmah Tuban yang diikuti oleh mahasiswa semester enam dengan total jumlah 120 mahasiswa. Dalam menyampaiakan laporan, ketua panitia KKN - PAR 2023 menyampaikan bahwa dari 120 mahasiswa di bagi menjadi delapan kelompok.

Mahasiswa laki-laki ada 2 kelompok yang ditempatkan di kecamatan Kenduruan lebih tepatnya di desa Sokogunung dan Sokogrenjeng, sedangkan mahasiswa perempuan dibagi menjadi 6 kelompok, 3 kelompok di kecamatam Soko yaitu di desa Mojoagung, Kendalrejo dan Menilo, kemudian yang 3 kelompok lainya di kecamatan Rengel yaitu di desa Banjararum, Campurejo dan Karangtinoto. KKN-PAR IAI Al Hikmah Tuban tahun ini memgusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kemandirian Ekonomi dan Lingkungan.

Dalam amanatnya, rektor IAI Al-Hikmah Tuban menyampaikan mahasiswa harus bisa melaksanakan kegiatan KKN dengan baik, karena apa yang mahasiswa alami di kampus dengan yang ada di masyarakat secara langsung itu berbeda, karena masyarakat itu bersifat heterogen, sehingga mahasiswa harus bisa menyikapi banyaknya perbedaan dan unsur yang ada di masyarakat secara rohmah dan jangan sampai memaksakan kehendak. 

"Mahasiswa ketika terjun di masyarakat harus mengutamakan sikap rohmah, taqwa, menjaga nama baik almamater dan menjunjung tinggi nilai-nilai trilogi pesantren Al Hikmah yang menjadi pegangan erat civitas akademika IAI Al Hikmah Tuban" imbuh rektor IAI Al Hikmah Tuban yang juga menjabat sebagai wakil ketua tanfidziyah PCNU Kabupaten Tuban. 

KH. M. Husnan Dimyat selaku ketua Yayasan Al Hikmah Tuban menyampaikan mahasiswa dalam menghadapi masyarakat harus mengutamakan moral dan sopan santun, karena mahasiswa menjalankan KKN itu berada di desa orang lain bukan desanya sendiri. 

Beliau juga menambahkan "bahwa mahasiswa harus memiliki sikap yang cerdas, gesit dan ilmiah dalam hidup bermasyarakat" tutur pengasuh Pondok Pesantren Al Hikmah Binangun Singgahan Tuban.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS