Mengenal Desa Socorejo, Daerah Pesisir Tuban yang Berkembang Jadi Kawasan Industri

Oleh: Ahmad Nawaf Timyati Fandawan 

blokTuban.com - Desa Socorejo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban yang memiliki tiga dusun,  14 RT dan 3 RW dengan luas wilayah kurang lebih 5.714 Km, yang di sebelah Utara berbatasan dengan laut jawa, sebelah Timur Desa Temaji, sebelah Barat Desa Blondong dan sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Karangasem. 

Tak heran, jika wilayah ini memiliki potensi daerah yang luar biasa. Menurut salah seorang Aparat Desa setempat, Siti Mahfudhotin menjelaskan jika asal mula Desa Socorejo, diambil dari cerita masyarakat umum, tentang seorang leluhur yang bertemu dengan seorang anak kecil yang menjadi pengembala hewan. 

"Dulu ada seorang tetua atau leluhur yang bertemu dengan anak kecil yang seorang pengembala hewan. Dia bertanya kepada anak kecil itu apa nama desa ini, tapi yang ditanya ini kan anak kecil, sehingga  logat dan omongannya masih kurang jelas. Yang membuat tetuah itu salah paham, saat ditanyain anak kecil itu menjawab nama desa ini mertamu tapi tetua nya ini salah nagkep menjadi matamu," ungkapnya, Rabu (16/8/2023). 

Dari kesalahpahaman tersebut, akhirnya leluhur itu memberikan nama Socorejo untuk desa ini. Dimana, Soco sendiri memiliki arti mata dan Rejo berarti banyak penduduk, karena banyaknya tempat industri yang ada di wilayah tersebut.

Selain itu, perempuan yang akrab disapa Mahfudhotin ini mengungkapkan bahwa masyarakat yang tinggal di Desa Socorejo, rata-rata bermata pencaharian sebagai petani dan juga nelayan. 

Hanya saja, sektor perikanan yang lebih menonjol di desa ini, lantaran hamparan lautnya yang panjang menjadikan sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai seorang nelayan. Maka tak heran, jika produk unggulan di desa tersebut adalah berbagai olahan ikan. 

Seperti halnya Ikan Kering dari berbagai jenis ikan, terasi, hingga rengginang. Bahkan, masyarakat juga memanfaatkan potensi alam yang ada, dengan mendirikan sebuah wisata, yaitu Pantai Semilir yang terletak di perbatasan Desa Socorejo.

Sementara dalam hal pelestarian budayanya,  di Desa Socorejo ini  masih sangat erat dengan budaya Sedekah Laut, serta melakukan tradisi makan bersama atau yang lebih dikenal dengan istilah bancaan. 

Untuk diketahui, di Desa Socorejo ini sendiri, juga terdapat beberapa lembaga pendidikan, mulai dari PAUD, Taman Kanak-kanak, Madrasah ibtidaiyah, serta Satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam.

 

*Penulis merupakan mahasiswa aktif Universitas Trunojoyo Madura (UTM) yang magang di media blokTuban.com. 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS