Konsep Desain Jadi Tantangan Pengrajin Kostum Karnaval di Tuban

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Berkah bagi para pengrajin kostum karnaval, sebab di bulan Agustus ini pengrajin kostum karnaval harus ngelembur hingga malam hari, karena harus menyelesaikan pembuatan kostum karnaval yang hendak disewakan. 

Salah satu pengrajin kostum karnaval yang banjir orderan di bulan Agustus ini yaitu Arifin (40) warga Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban

Untuk membuat kostum yang hendak disewakan Arifin dibantu istri dan 4 anak buahnya, nampak semangat menyelesaikan kostum karnaval yang hendak di sewa para pelanggannya, untuk dapat menyelesaikan pesanan sesuai batas waktu, Arifin harus ngelembur hingga pukul 03.00 Wib. 

Namun untuk saat ini pengerjaan kostum buatan Arifin sudah memasuki tahap finishing, yaitu tinggal pengecatan dan pemberian renda kostum karnaval

Baca Juga:

Turun Rp4.000, Harga Emas Antam Hari ini 8 Agustus 2023 Dibanderol Rp1.070.000 Per Gram

Kepada blokTuban.com Arifin memaparkan bahwa hingga saat ini sudah ada 25 orderan yang masuk untuk menyewa kostum kepadanya. 

"Alhamdulillah saat ini sudah ada 25 yang fix, dan ini masih ada yang beberapa juga yang masih lihat-lihat," ujar Arifin kepada blokTuban. 

Lebih lanjut, menurut Arifin orderan ini datang dari berbagai wilayah, selain dari Kabupaten Tuban sendiri, juga ada beberapa orderan dari luar Kabupaten seperti Lamongan, Gresik, bahkan Rembang Jawa Tengah. 

Untuk pengerjaan satu kostum Arifin membutuhkan waktu sekitar satu minggu, dan kesulitan yang ia rasakan dalam pembuatan kostum yaitu harus memikirkan konsep desain sebuah kostum. 

Sebab terkadang konsep yang ia buat tidak sesuai selera penyewa atau tema karnaval, untuk itu ia harus berpikir bagaimana membuat sebuah konsep tema yang bisa diterima di semua kalangan

"Kesulitan paling utama ya di konsepnya, bagaimana membuat kostum yang bisa dipakai di segala tema karnaval, dan disukai oleh customer," imbuhnya.

Baca Lanjutnya:

Gurihnya Budidaya Rumput Laut Format Tumpang Sari yang Dilirik Pasar Internasional

Untuk Ide sendiri Arifin akan menggunakan referensi kostum karnaval dari berbagai daerah di Indonesia, selain dari Indonesia sendiri arifin juga menggunakan referensi dari luar negeri, saat event besar karnaval diselenggarakan. 

Untuk harga sewa kostum Arifin membandrol untuk TK sebesar Rp300 ribu hingga Rp500 ribu sedangkan dewasa sekitar Rp1 juta 500 hingga Rp2 juta 500 per kostumnya. 

Sementara itu Adin (25) warga palang yang memesan sewa kostum di Arifin mengatakan, jika dirinya jauh-jauh dari Kecamatan Palang menuju Kelurahan Gedongombo untuk mengecek 4 pesanan kostum yang dipesannya. 

"Ke sini untuk mengecek pesanan kostum yang hendak saya sewa," ujar Adin. 

Menurutnya, menyewa kostum di Arifin memiliki beberapa keunggulan seperti pembuatannya cukup cepat, kualitas sesuai harapan, serta harganya juga terjangkau. [Nur/Ali]