Cicipi Souffle Cake, Jajanan Ala Jepang di Tuban yang Goyangkan Lidah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Souffle Cake merupakan jajanan yang memiliki cita rasa manis, lembut fluffy dengan aneka topping lumer di lidah. Tak heran, jika makanan satu ini belakangan ini banyak diburu oleh banyak masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Bagaimana tidak, makanan berbahan dasar telur kocok ini memiliki bentuk yang sangat imut dan bisa bergoyang-goyang. Meski Souffle jajanan kaki lima, namun rasa yang ditawarkan tidak bisa diragukan lagi, sehingga membuat pembeli penasaran. 

Salah satu pedagang yang menjual Souffle Cake di Kabupaten Tuban ialah Ima. Wanita yang tinggal di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban mengatakan Souffle Cake yang dijualnya sudah ada kurang lebih sejak satu tahun terakhir. 

"Kurang lebih sudah ada satu tahunan mbak jualan di sini, dari pertama kali viral dulu," ujarnya kepada blokTuban.com saat ditemui di lapak jualannya, Minggu (6/8/2023). 

Baca Lainnya:

Sluncuran Rainbow Andalan Wisata Tebing Pelangi Tuban

Selain memiliki tekstur yang unik, jajanan satu ini juga memiliki beragam topping dan cita rasa yang menarik. Mulai dari coco crumb, oreo crumb, Choco chesee, rainbow crinkle, tiramisu, sweet berry dan juga rainbow meses. 

Kendati makanan yang cukup terkenal di Negeri Sakura ini memiliki cita rasa dan cara pembuatan yang khas, harga yang ditawarkannya sangat ramah di kantong yaitu Rp15 ribu hingga Rp25 ribu. 

"Harganya setiap topping sama mbak, tapi untuk singgel harganya Rp15 ribu, dan kalau yang double harganya Rp25 ribuan satu porsinya," jelasnya. 

Lebih lanjut, bahan yang digunakan untuk membuat Souffle Cake itu cukup mudah. Mulai dari tepung terigu, susu cair hingga telur, dengan pengerjaan kurang lebih selama 25 menit. Menurutnya, tekstur fluffy yang dihasilkan oleh makanan ini, berasal dari bahan adonan telur yang dibuat. 

Tak heran, jika animo masyarakat dalam membeli jajanan satu ini sangat luar biasa, terlebih pada awal-awal Souffle Cake tersebut viral di Indonesia. Meski begitu, ia mengaku bahwa saat ini antusias masyarakat sedikit lebih berkurang dari biasanya. 

Baca terkait:

Kumpulan Resep Olahan Jantung Pisang Jadi Lauk Lezat

"Dulu pas pertama memang sangat ramai mbak pas lagi viral itu, tapi sekarang sudah berkurang. Biasanya satu hari bisa 10-11 pcs Souffle," katanya. 

Sementara salah seorang pembeli, Mila mengungkapkan bahwa dirinya sudah menjadi langganan membeli Souffle Cake ini, dari semenjak makanan tersebut viral di Indonesia. Menurutnya, ia sangat menyukai jajanan yang memiliki rasa manis. 

"Cukup sering beli Souffle cake di sini, semua rasa sudah saya coba semua. Tapi paling suka yang vanilla oreo crumble," ucapnya. 

Untuk bisa membeli Souffle Cake ini, kalian bisa datang ke Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, tepatnya di samping Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. R. Koesma Tuban.  [Sav/Ali]