6 Jalur Alternatif Pasca Penutupan Jembatan Glendeng Tuban-Bojonegoro

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Jembatan Glendeng penghubung Kabupaten Tuban-Bojonegoro mulai tanggal 3 Agustus 2023 ditutup total untuk semua kendaraan dan pejalan kaki, Kamis (3/8/2023). 

Penutupan ini akan berlangsung sampai perbaikan jembatan tersebut selesai. Perbaikan Jembatan Glendeng dimenangkan oleh kontraktor asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah PT. Marga Karya dengan pagu Rp21,3 miliar yang bersumber dari APBD Tuban 2023. 

Dalam waktu 150 hari atau 5 bulan sejak penandatangan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), kontraktor dituntut untuk merampungkan jembatan vital bagi perekonomian kedua kabupaten di ujung Barat Jatim itu. 

Meskipun ditutup total, pengguna jalan yang selama ini beraktifitas di Tuban maupun Bojonegoro tidak perlu risau. blokTuban.com telah merangkum 6 jalur alternatif yang dapat digunakan kendaraan R2 maupun R4 pasca penutupan Jembatan Glendeng. 

1. Jalur Simo-Menilo 

Jalan Simo-Menilo, Kecamatan Soko sering menjadi pilihan bagi pengguna R2 maupun R4 selama penutupan Jembatan Glendeng. Jalur ini dapat dilalui dari perempatan Simo ke kanan sebelum Jembatan Glendeng. 

Untuk melewati jalur ini dihimbau untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain jalan tidak terlalu lebar, juga saat malam hari penerangan masih minim dan banyak debu. 

Baca Juga:

Pagu Perbaikan Jembatan Glendeng Tuban Capai Rp21,3 Miliar, Ditargetkan Selesai 5 Bulan Mendatang

Setelah mengikuti jalur Menilo, pengguna R2 dapat belok dari pertigaan Toko Gayam Jaya ke kiri menuju arah Jembatan Kaliketek. Sementara bagi pengguna kendaraan R4 dapat melewati pertigaan pos 1 Egy Wiyana ke kiri. 

2. Jalur Pakah Ponco 

Pilihan jalan alternatif berikutnya yaitu Jalur Pakah Ponco. Jalur ini sangat direkomendasikan bagi kendaraan R4 atau lebih. Dari pertigaan Kantor Kecamatan Soko ambil ke kanan hingga perempatan Toko Sumber Riski. 

Setibanyak di perempatan Toko Sumber Riski, pengguna jalan akan dibantu dan diarahkan petugas sipil ke arah Gang Sawo atau ke kiri. Lurus mengikuti jalan Gang Sawo, pengguna jalan akan tiba di pertigaan Pos 1 Edy Wiyana khusus R4 dan pertigaan Toko Gayam Jaya khusus R2. 

3. Jalur Maibit-Prambontergayang

Bagi pengguna jalan yang berasal dari arah Plumpang atau Grabagan jika hendak mau ke Bojonegoro dapat lewat Jalur Maibit-Prambontergayang. 

Jalur ini cukup ramai sehingga pengguna jalan R2 maupun R4 untuk ekstra hati-hati dan tidak ngebut. Kalian bisa memulai mengambil pertigaan Maibit ke arah kanan, lurus sampai Desa Jegulo lalu Desa Prambontergayang. 

Baca Lainnya:

Pembebasan Pajak Kendaraan di HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Pemprov Jatim Kejar Potensi PKB Rp588 M

Setelah itu kalian akan ketemu perempatan Toko Sumber Riski. Lurus saja melewati Gang Sawo ke arah Desa Menilo. Sama dengan jalur sebelumnya, khusus R4 dapat belok kanan dari pertigaan Pos 1 Edy Wiyana dan R2 dapat lewat dari pertigaan Toko Gayam Jaya menuju ke arah Jembatan Kali Ketek. 

4. Jalan Raya Ponco Bojonegoro 

Jalan Raya Ponco Bojonegoro direkomendasikan bagi pengguna jalan dari arah Jatirogo atau Rembang Jawa Tengah. Setiap Jembatan Glendeng ditutup, jalur ini akan bertambah ramai sehingga diimbau untuk hati-hati. 

5. Perahu Penyeberangan 

Jasa perahu penyeberangan Sungai Bengawan Solo kini kembali aktif sejak kembali ditutupnya Jembatan Glendeng. Perahu ini hanya dapat membawa kendaraa R2 saja. Untuk kendaraan R4 tidak bisa karena diameter perahu dan resiko tercebur sangat tinggi. 

Selama ini jasa perahu sangat ramai dan diminati oleh penguna R2 yang bekerja atau beraktifitas di Bojonegoro maupun Tuban. Selain dapat memotong jarak dan waktu tempuh, biasa jasa perahu juga sangat ekonomis.

6. Jembatan Kanor-Rengel

Sejak dibangunnya Jembatan Kanor-Rengel sepanjang 210 meter pada awal tahun 2022 membuat jarak Tuban dan Bojonegoro kian dekat. Perekonomian pun tumbuh, sebab Kanor=Rengel kini hanya ditempuh dalam waktu 10 menit.

Baca Lanjutnya:

Mulai 3 Agustus Jembatan Glendeng Tuban Ditutup untuk Kendaraan dan Pejalan Kaki

Jika kalian dari arah Tuban, untuk lewat Jembatan Kanor-Rengel dapat dari pertigaan Gua Ngerong ke kiri. Menyusuri Jalan Ahmad Yani, kalian akan ketemu pertigaan lalu ambil kiri lagi. Sampai di Desa Ngadirejo, kalian akan melihat Jembatan Kanor-Rengel. 

[Ali]