Ratusan Kepala Desa di Tuban Hadiri Acara  Silaturahmi Bersama Ganjar Pranowo

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.comPaguyuban Kepala Desa Jawa Timur (Jatim), menggelar  kegiatan silaturahmi Kepala Desa Se-Jawa Timur bersama Bakal Calon Presiden RI, Ganjar Pranowo, yang berlokasi di Jalan Gubeng Pojok Nomor 1, Ketabang Surabaya.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com dari beberapa sumber, kegiatan yang bertempat di Gran City Convention Hall Surabaya itu dihadiri oleh kurang lebih 6 ribu Kepala Desa (Kades)  yang ada di Jawa Timur, termasuk Kades di Kabupaten Tuban.

Kepada blokTuban.com,  Kades Prunggahan Wetan yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengungkapkan jika kegiatan ini murni ajang silaturahmi, dan tidak ada deklarasi dukungan terhadap Ganjar sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) RI.

Pasalnya, Ganjar yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah ini sendiri merupakan Ketua Tim Pembina Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi).

baca juga:

Deklarsi Dukungan Gus Muhaimin di Tuban Kian Masif, Terbaru Mengalir dari Komunitas Petani

“Ketika beliau datang ke Surabaya itu kapasitasnya beliau bukan kampanye, tapi hanya kepada silaturahmi dan menjalin hubungan emosional saja. Pada waktu sambutan juga tidak pernah meminta kepada  Kepala Desa untuk memilih,” ucap Hari Winarko, Selasa (18/7/2023).

Dari 311 desa yang ada di Kabupaten Tuban, lanjutnya, kurang lebih ada 150 Kades yang mengikuti kegiatan tersebut. Dimana, dalam kesempatan itu mereka diberikan motivasi untuk membuat inovasi, untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa.

Harapanya, ketika suatu desa tersebut memiliki potensi alam, pemerintah desa dapat memberdayakannya, namun juga tidak harus mengeluarkan biaya yang besar.

baca juga: 

 

Motor Plat Merah yang Dipakai Jambret Milik Kades di Tuban

“Tidak ada dana pun bisa, yaitu melalui swadaya dari masyarakat. Contoh yang di Tuban itu seperti Wisata Pelang di Kecamatan Merakurak, itu swadaya dari masyarakat dan kemudian membentuk Pokdarwis, namun outputnya sekarang bisa menghasilkan pendapatan desa dan kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Oleh karena itu, Hari sapaan akrabnya, menampik jika kegiatan yang diikutinya tersebut adalah kegiatan berunsur politik. Sebab, berdasarkan regulasi yang  ada, Ganjar Pranowo belum resmi didaftarkan di Kantor Pemilihan Umum (KPU), sebagai Bacapres.

“Sehingga wajar kalau kita sebagai Kepala Desa, ada Pak Ganjar  Dewan Pembina Papdesi hadir di Surabaya, terus kita diundang dalam rangka silaturahmi,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS