Rebutan Hasil Bumi di Mliwang Tuban, Desa dengan Rumah Warganya Hadap Utara

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sedekah bumi atau kabumi menjadi agenda tahunan di 328 desa dan kelurahan di Kabupaten Tuban. Kali ini, giliran Desa Mliwang, Kecamatan Kerek yang menggelar kabumi tersebut, Kamis (13/7/2023). 

Sebagai desa yang warganya berprofesi sebagai petani, sedekah bumi di Mliwang diwarnai dengan rebutan gunungan hasil bumi. 

Gunungan yang tersusun rapi berupa jagung, ketela singkong, beras, hingga buah itu diarah dari rumah Kepala Desa menuju makam sesepuh desa sejauh 2 kilometer. 

Di belakang gunungan, ratusan warga berbaris mengikuti dengan membawa tumpeng kecil dari setiap rumah. Di hadapan warganya, Lasmo (53) Ketua RT 01 RW 01 Dusun Mliwang mengatakan, bahwa ini sebagai wujud rasa sukur kepada Allah SWT, agar berkah semua lahir batin.

Desa Mliwang merupakan salah satu desa di Tuban yang unik sebab, tidak ada satupun rumah warga yang menghadap ke Utara. Jika ada warga yang nekat untuk membuat rumah menghadap keutara akan mengalami musibah, sakit sakitan dan ekonominya menurun.

Kepala Desa Mliwang Siti Mahfudhoh, yang juga saksi sejarah di Desa Mliwang menceritakan sebuah peristiwa warga membuat rumah menghadap ke Utara itu pernah terjadi.

"Kebetulan tetangga dekat rumah saya, semasa membuat rumah mnghadap keutara kondisinya sering sakit sakitan," ingat Kades dua anak itu.

Selain rumah yang menghadap utara, keunikan dari Desa Mliwang yaitu semua warganya ternak domba jenis Jawa. Menurut kepercayaan warga, jika ternak domba gibas tak lama akan diserang penyakit lalu mati. [Ali]