Kemenag Imbau Jemaah Haji Jangan Masukkan Air Zamzam ke Koper, Sudah Dapat Jatah 10 Liter

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau jemaah Haji Indonesia untuk jangan memasukkan air zamzam ke dalam koper saat kepulangan mereka ke Tanah Air.

"Jangan masukkan air zamzam ke koper bagasi," kata Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid dari laman resmi Kemenag yang dikutip dari laman resmi kemenag pada Selasa, 4 Juli 2023.

Pemulangan jemaah haji ke Indonesia dilakukan pada 4 Juli 2023. Terhitung dua hari maka dua hari keberangkatan jemaah menuju Indonesia, petugas akan menimbang dan melakukan pemeriksaan barang bawaan jemaah.

"Koper berisi air zamzam akan terdeteksi dan dibongkar, kemudian dikeluarkan airnya. Ini sudah menjadi ketentuan penerbangan," ujarnya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas lebih lanjut menjelaskan Jemaah haji Indonesia 1444 H/2023 M akan mendapatkan air Zamzam sebanyak 10 liter.

Baca Juga:

Kemenag Tuban Kenalkan Regulasi Perlindungan Umat Beragama pada Masyarakat

Hal ini disampaikan Menag saat melepas 369 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Batam (BTH 01). Jemaah ini merupakan kloter perdana yang akan kembali ke Tanah Air.

"Kalau sebelumnya jatah Zamzam hanya 5 liter, tahun ini kita putuskan menambahkan 5 liter Zamzam untuk jemaah haji dan petugas," terang Menag Yaqut diikuti teriakan alhamdulillah dari para jemaah, di Syisyah-Makkah.

"10 liter air Zamzam akan dibagikan di asrama haji debarkasi. Mudah-mudahan air Zamzam yang diberikan membawa berkah buat bapak ibu semuanya," sambungnya.

Kebijakan menambah 5 liter air Zamzam ini sebagai bentuk kecintaan atau tali asih kepada jemaah. Menurutnya, membawa air Zamzam yang lebih banyak menjadi harapan seluruh jemaah haji Indonesia.

Baca Juga:

Tangani Penyandang Disabilitas Mental, Ini Upaya yang Diberikan Pemkab Tuban

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS