DPRD Tuban Gelar Paripurna Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tuban bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, menggelar rapat paripurna dengan agenda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah  (APBD) Tahun 2022. 

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tuban, serta puluhan anggota dari DPRD Kabupaten Tuban. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan jika agenda hari ini merupakan pertemuan antara eksekutif dan legislatif yang membahas tentang pertanggungjawaban anggaran tahun 2022. 

"Sebelumnya telah diawali dengan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh BPK Provinsi Jawa Timur," ujarnya kepada sejumlah awak media setelah ditemui setelah Rapat Paripurna yang diadakan di Ruang Paripurna DPRD Tuban, Kamis (6/7/2023). 

Menurut Lindra, sapaan akrabnya, terdapat beberapa catatan yang diberikan oleh anggota legislatif, terkait penyempurnaan anggaran pada tahun-tahun berikutnya. Sehingga, dengan adanya catatan-catatan yang telah didapatkan tersebut, ia berharap tidak berulang kembali. 

Dengan demikian, maka efektifitas maupun efesiensi anggaran Pemkab Tuban dapat semakin membaik pada tahun-tahun selanjutnya. Seperti halnya, progres dari Tahun 2021 yang pelaporannya semakin membaik. 

"Kita juga semakin menekan angka-angka SILPA yang ada, dan dampak-dampak outcam yang dihasilkan oleh pemerintah, Alhamdulillah percepatannya dapat dirasakan oleh masyarakat," katanya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Tuban,  Miyadi mengungkapkan bahwa rapat paripurna yang digelar oleh pihaknya ini, merupakan paripurna terakhir terkait pembahasan laporan pertanggungjawaban Tahun Anggaran 2022. 

"Enam fraksi telah menyampaikan pendapat akhirnya, dan harapannya catatatan itu dapat segera dilakukan pembenahan," jelasnya.

Dengan adanya catatan tersebut, lanjutnya maka pihaknya juga yakin jika sudah dilakukan berbagai pembenahan untuk tindakan selanjutnya. Sehingga, proses pembangunan yang ada di Kabupaten Tuban bisa dilaksanakan. [sav/ono]