Pembeli Menurun, Harga Kambing di Tuban Berangsur Stabil

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Harga kambing di Kabupaten Tuban cenderung mengalami kenaikan pasca Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi. Hal tersebut, salah satunya terpantau di Pasar Kambing yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Kepada blokTuban.com, Pengurus Pasar Kambing Tuban, Sudono mengungkapkan jika saat ini harga Kambing di Kabupaten Tuban mulai merangkak turun Rp200 hingga Rp300 ribu. 

"Harganya sekarang sudah agak normal, penurunannya antara Rp200 sampai Rp300 ribu," ujarnya saat ditemui di lokasi, Selasa (4/7/2023). 

Menurutnya, penurunan harga kambing ini sendiri sudah terjadi sejak beberapa hari sepekan terakhir ini. Penyebabnya, lantaran pembeli kambing sudah cenderung lebih menurun jika dibandingkan menjelang Hari Raya Idul Adha kemarin. 

Baca Juga:

Sebab Nilai Tukar Petani Jatim di Bulan Juni Naik, tapi Nelayan Turun

Adapun harga kambing Jawa jantan saat ini, lanjutnya kurang lebih sekitar Rp2,5 juta sampai Rp3 juta. Sedangkan untuk kambing betina harga jauh lebih murah yaitu Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. 

"Setelah hari raya kemarin langsung turun harganya, tapi penurunannya bertahap awalnya hanya turun Rp100 ribu," katanya.

Lebih lanjut, Sudono juga menambahkan bahwa jumlah kambing yang masuk di Pasar Kambing mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dimana, yang sebelumnya 400 ekor hingga 500 ekor kambing. 

"Sekarang sudah menurun setiap harinya paling tidak 200 sampai 250 ekor, tapi kalau sebelumnya sebelum hari raya kemarin 400 sampai 500 ekor, sekarang sudah sepi mbak paling yang beli orang-orang sini saja," katanya. 

Dengan demikian, ia ini berharap agar ke depannya harga kambing di Kabupaten Tuban tetap stabil dan tidak mengalami penurunan kembali, sehingga tidak berdampak bagi para pedagang kambing di Kabupaten Tuban. [Sav/Dwi] 

Baca Juga:

Selama 3 Hari Harga Emas Antam stagnan di Level Rp1.054.000 Per Gram

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS