Pasca Idul Adha, Harga Sapi di Tuban Berangsur Turun

Reporter  : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pasca perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau 2023 Masehi, harga sapi di Kabupaten Tuban mulai berangsur turun. Hal tersebut, salah satunya terpantau di Pasar Hewan Tuban, yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. 

Kepada blokTuban.com Koordinator Pasar Hewan Tuban, Agung Subekti mengatakan jika saat ini harga sapi di Kabupaten Tuban sudah berangsur menurun jika dibandingkan sebelumnya. 

"Terkait harga sapi di Tuban sudah berangsur turun mbak," ujarnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi, Minggu (2/7/2023). 

Adapun penurunan harga hewan berkuku belah ini sendiri, lanjutnya, berkisar kurang lebih 10 hingga 20 persen. Dimana, harga per ekor sapi mengalami penurunan sebanyak Rp2 juta hingga Rp3 juta. 

Kondisi ini, jauh berbeda dengan harga sapi menjelang Hari Raya Idul Adha yang mengalami pelonjakan harga sebesar Rp1 juta sampai Rp2 juta per ekornya. 

"Dari harga turun sekitar 10 sampai 20 persen mbak, sekarang per ekor penurunan bisa sampai Rp2 juta sampai Rp3 juta," tambahnya. 

Menurut Agung, sapaan akrabnya, penurunan harga hewan pemakan rumput di Kabupaten Tuban tersebut, lantaran permintaan masyarakat terhadap sapi yang sudah berkurang atau menurun. 

Bahkan, Agung juga menambahkan, bahwa jumlah hewan sapi yang masuk di Pasar Hewan Tuban pada Minggu ini, juga mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu  sebesar 30 hingga 40 persen. 

"Jumlah sapi yang masuk di pasar juga mengalami penurunan setelah Hari Raya Idul Adha, turun sekitar 30 sampai 40 persen," imbuhnya. 

Sekedar di ketahui, menjelang datangnya Hari Raya Idul Adha kemarin, jumlah sapi yang masuk di Pasar Hewan Tuban  mengalami peningkatan, yang biasa hanya berjumlah 600 ekor, naik menjadi 800 ekor sapi.  [Sav/Dwi] 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS