Sering Dikeluhkan Lama, Berapa Hari Urus KTP di Tuban?

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik merupakan identitas resmi, yang harus dimiliki oleh seseorang sebagai penduduk Indonesia. Pada umumnya, kartu ini wajib dimiliki oleh masyarakat Indonesia yang telah berusia 17 tahun, atau yang telah menikah.

Namun, hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengeluhkan, perihal lamanya proses kepengurusan E-KTP,  termasuk di Kabupaten Tuban. Lantas,  berapa sebenarnya waktu yang diperlukan untuk membuat KTP.

Kepada blokTuban.com, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan  Sipil  (Kadisdukcapil) Kabupatenn Tuban, Rohman Ubaid  mengatakan jika proses pelayanan pembuatan E-KTP di Bumi Ronggolawe Tuban, hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat.

Pasalnya, apabila masyarakat langsung mengurusnya ke Mall Pelayanann Publik (MPP) Tuban ataupun Dinas terkait, E-KTP sudah bisa diambil kurang lebih tiga sampai lima hari kerja.

Artikel Lainnya:

- Pemkab Tuban Siapkan Strategi Hadapi Dampak El Nino

- Daftar 99 Titik Pantau Hilal Awal Zulhijah 1444 H, Salah Satunya Menara Rukyatul Hilal Tuban

- Usai Direvitalisasi, Erick Thohir Langsung Buka Pos Bloc Surabaya

“Proses layanan di MPP dan Kanntor Dinas tiga sampai lima hari jadi mbak, biasanya ada tanda pengambilannya,” ujarnya kepada blokTuban.com, saat dikonfirmasi Sabtu (17/6/2023).

Kendati demikian, pria yang akrab disapa Ubaid ini mengaku, apabila stok blanko KTP sedang menipis atau kosong, maka proses dalam mengurus E-KTP memerlukan waktu yang lebih lama.

Di mana, dokumen kependudukan yang menjadi identitas diri tersebut, akan selesai dalam kurun waktu tujuh hingga sepuluh hari kerja.

“Kecuali jika stok blanko sedang menipis, maka kami undur tujuh sampai 10 hari,” katanya.

Lebih lanjut, selain di MPP dan juga Disdukcapil Kabupaten Tuban, masyarakat juga dapat mengurus dokumen kependudukan seperti KTP, Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, hingga Akta Kematian di masing-masing kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS