Kisah Siti Syariah Putri Sunan Ampel, Menyebar Islam di Tuban dan Harus LDR dengan Suami

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Bagi warga masyarakat Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban mungkin sudah tidak asing lagi dengan Siti Syariah, diyakini ia adalah putri dari Sunan Ampel. 

Namun ternyata selain mengemban tugas dari sang ayah untuk menyebarkan agama Islam di Kabupaten Tuban. 

Ternyata terdapat sebuah kisah cinta unik yang dijalani oleh Siti Syariah dengan sang suami. 

Menurut salah satu penjaga makam Siti Syariah, Mulyono (51) mengatakan pertemuan antara Siti Syariah dan sang suami tidak ia ketahui namun yang jelas suami dari Siti Syariah, Jalan Ki Ageng Manyuro. 

"Suami dari Siti Syariah ialah Ki Ageng menyuruh dan saat ini makam dari Ki Ageng Manyuro juga masih belum diketahui," ujar Mulyono (51) kepada blokTuban.com, Minggu (4/06/2023). 

Mulyono menambahkan bahwa Ki Ageng Manyuro adalah seorang senopati di sebuah kerajaan, dengan tugas yang diemban kedua pasang suami istri ini kerap tak bertemu.

Hal inilah yang membuat Siti Syariah dan sang suami harus menjalani hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR). 

Dan salah satu cara unik yang dilakukan oleh kedua pasang suami istri ini untuk mengobati rindu karena tak jumpa, yaitu dengan cara berkomunikasi lewat sebuah sumur. 

"Untuk berkomunikasi Siti Syariah disuruh sang suami melihat ke bawah (nganguk) ke dalam sebuah sumur ," imbuhnya.

Setelah Siti Syariah ngangguk ke dalam sumur tersebut nantinya di dalam air akan terlihat Ki Ageng Manyuro dan merekapun akan berkomunikasi lewat sumur tersebut. 

Untuk keberadaan sumur sendiri ada dua sumur, yaitu yang terletak di masjid Masjid Jami Nurul Ula Palang dan yang ada di makam dalem. 

Makan dalem sendiri diyakini oleh masyarakat dulunya sebagai lokasi rumah milik Siti Syariah.

Namun menurut Mulyono, saat ini sumur yang berada di masjid sudah tertutup dan menyisakan sumur yang ada di makam. 

"Untuk sumur sendiri saat saat ini yang masih bisa dilihat wujudnya yaitu yang ada di makam dalem,"

Dari pantauan blok Tuban di lapangan sumur yang berada di makam dalem, kondisinya masih terawat dengan dikasih sebuah cungkup kecil dari kayu, serta tampak juga di dalam sumur masih ada air di dalamnya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS