Inilah Penyebab Sepinya Wisata Goa Akbar di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Kabupaten Tuban merupakan salah satu daerah, yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai kota seribu goa. Hal tersebut, lantaran letak Kabupaten Tuban dikelilingi banyak goa, salah satunya ialah Goa Akbar, yang di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Berbeda dengan goa-goa pada umumnya, letak Goa Akbar yang kini menjadi tempat pariwisata ini, berada di tengah-tengah Kabupaten Tuban. Kendati demikian, hal tersebut tidak lantas membuat goa yang memiliki luas kurang lebih satu hektar itu, banyak didatangi masyarakat.

Salah seorang staff atau karyawan di Wisata Goa Akbar Tuban, Fita mengatakan jika saat ini wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tersebut, kurang diminati oleh pengunjung.

“Kalau pengunjung sendiri hari biasa itu sepi, kadang satu hari itu nihil pengunjung. Paling banyak kalau harian sekitar 10 atau 20 pengunjung. Tapi kalau hari Minggu pengunjungnya lumayan, sekitar 100 kalau nggak 80 orang,” paparnya kepada blokTuban.com,Sabtu (13/5/2023) saat ditemui di lokasi wisata.

Bahkan, pada hari Senin sampai Jumat, pengunjung yang datang rata-rata hanya berkisar 10 sampai 20 Orang. Sementara saat hari weekend atau Sabtu dan Minggu pengunjung lebih banyak dari biasanya, yaitu kurang lebih 100 wisatawan.

Menurutnya, sepinya pengunjung tersebut lantaran banyaknya wisata baru, yang saat ini mulai bermunculan di Kabupaten Tuban. Sehingga banyak masyarakat yang penasaran, dan mencoba untuk datang ke wisata-wisata tersebut dan mulai melupakan Wisata Goa Akbar.

“Kebanyakan masyarakat sekarang lebih suka ke pantai, kalau yang berkunjung kesini rata-rata ibu-ibu yang habis berziarah ke Makam Sunan Bonang,” jelasnya.

Selain banyaknya wisata baru yang bermunculan, lanjutnya, sepinya pengunjung Goa Akbar juga disinyalir lantaran tempatnya yang tidak terlihat, karena berada di bawah Pasar Baru Tuban. Sehingga, jarang masyarakat yang tahu keberadaan goa yang sudah ada sejak ratusan tahun ini.

“Tempatnya ini juga kemungkinan jarang yang tahu mbak, karena tempatnya ini kan di belakang. Jadi tidak terlihat oleh masyarakat yang lewat,” katanya.

Dengan demikian, perempuan berhijab ini berharap untuk ke depannya, Wisata Goa Akbar bisa kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS