Es Dawet Siwalan Khas Tuban Cocok Buat Pelepas Dahaga

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Sepekan terakhir beberapa wilayah dilanda cuaca panas ekstrim termasuk Kabupaten Tuban. Melihat suasana terik di Tuban tentunya membuat tenggorokan ingin merasakan kesegaran untuk menghilangkan rasa dahaga. Salah satu minuman yang wajib kalian coba ketika berada di Tuban yaitu Es Dawet Siwalan Khas Tuban.

Es Dawet Siwalan merupakan minuman dingin khas Tuban yang berbahan dasar buah siwalan atau buah lontar. 

Di Tuban memang banyak dijumpai pohon siwalan lantaran kontur tanah yang kering bercampur berkapur. Bunga dari pohon tersebut yang dapat diolah menjadi minuman.

Karmawan (42 tahun) adalah salah satu penjual Es Dawet Siwalan yang dapat kalian temui di Tuban. Ia mengaku sudah berjualan Es Dawet kurang lebih 1 tahun setelah berhenti bekerja sebagai tukang bangunan.

“Dulunya kerja bangunan mbak, kemudian sekarang jual Es Siwalan ini karena emang di sini juga sudah tempatnya buah siwalan itu banyak,” ujar Pria 42 tahun saat diwawancarai, Jumat (12/5/2023).

Es Dawet Siwalan tersebut dapat kalian temukan di sebelah utara Jl. Dandeles Palang, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, tepatnya di depan SPBU palang.

Melihat cuaca yang cukup terik ini membuat laris manis terjual. Pria asal Tunah tersebut mengatakan untuk omzet pendapatan perhari bisa mencapai Rp300 ribu.

“Kalo cuaca terik seperti ini bisa sampai Rp 300 ribu, tapi kalo lagi musim hujan itu paling sekitar Rp 70 ribu,” Ujarnya.

Adapun bahan yang digunakan yaitu air santan, irisan buah lontar atau Siwalan, dan gula yang dibuat dari legen.

Sementara itu, Awan warga asal Desa Lerankulon, Kecamatan Palang ini mengatakan, ia sengaja dari rumah untuk membeli Es Dawet Siwalan milik Karmawan, menurutnya rasa dan harga yang dibandrol sangat pas dikantong.

“Rasa manisnya itu berbeda dengan manis biasanya, selain itu harganya juga murah karena porsinya juga cukup banyak jadi pas" jelas pria asal Desa Lerankulon kepada blokTuban.com.

Es Dawet Siwalan milik Karmawan ini dibandrol harga cukup terjangkau mulai harga Rp5 ribu per bungkus. Harga itu pas dengan porsi yang cukup banyak sehingga cocok untuk menghilangkan rasa dahaga di bawah cuaca yang cukup terik.

Di sisi lain cara penyajiannya pun sangat menarik yaitu dengan menggunakan potongan cup gelas sebagai corongnya agar tidak tumpah saat menuangkan ke dalam gelas maupun plastik.

Jadi, tak ada salahnya bila kalian kebetulan melintas di Kota Tuban untuk mencoba minuman Khas Tuban yaitu Es Dawet Siwalan yang buka setiap hari mulai pukul 09.00 pagi sampai jam 04.00 sore. [Lia/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.