Terakhir Besok 5 Mei 2023, 80 persen CJH di Tuban Sudah Lakukan Pelunasan Biaya Haji

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Waktu pelunasan biaya haji tinggal menghitung jam, pasalnya jadwal pelunasan haji bagi Calon Jemaah Haji (CJH) akan berakhir Jumat besok (5/5/2023). 

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban, Ashabul Yamin mengatakan jika pada penyelenggaraan haji tahun ini, tidak ada jadwal penulasan biaya haji gelombang kedua, seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kalau tahun-tahun kemarin memang ada tahap 1 dan 2, tapi kalau sekarang tidak ada tahap 2 tapi langsung jadi satu sekaligus saat ini,” paparnya kepada blokTuban.com saat dikonfirmasi.

Tidak adanya gelombang kedua jadwal pelunasan haji tersebut, mengharuskan CJH melunasi biaya haji paling lambat (5/5/2023) besok. Namun, dari data yang berhasil dihimpun blokTuban.com dari Kantor Kemenag Tuban, hingga Selasa (2/5/2023) kemarin, baru 87 persen CJH yang lunas. 

Pasalnya, dari 1.158 kuota jemaah yang didapatkan oleh Kabupaten Tuban, baru ada 921 jemaah yang melunasi, baik jemaah regular maupun Lanjut usia (Lansia). Sementara jemaah cadangan yang sudah lunas sebanyak 86 orang.

Artinya, jemaah regular dan Lansia yang belum melakukan pelunasan biaya haji ialah sebesar 130 jemaah, sedangkan jemaah cadangan yang belum melunasi sebayak 21 orang dari 107 jemaah yang terdaftar.

Lebih lanjut, setelah jadwal pelunasan biaya haji ini berkahir, lanjutnya, maka jadwal kegiatan penyusunan kloter pemberangkatan CJH serta manasik haji.

“Jadwal selanjutnya adalah Praman mbak, penyusunan kloter jemaah,” sambungnya.

Disamping itu, Ashabul juga menambahkan untuk biaya haji CJH Reguler di Kabupaten Tuban tahun ini, yaitu sebesar Rp55.928.485,26. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS