Libur Hari Raya Idul Fitri, Ribuan Wisatawan Padati Wisata Pantai Semilir di Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Momentum libur panjang sekolah, seringkali digunakan oleh masyarakat Tuban untuk berkunjung ke suatu Destinasi wisata, salah satunya di Pantai Semilir yang terletak di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. 

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Semilir, Asmaul Husna pada momen Libur Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini, pantai yang memiliki panjang 1,2 kilometer tersebut ramai dikunjungi oleh wisatawan. 

Bahkan menurutnya, rata-rata pengunjung yang datang setiap harinya ke wisata yang memiliki udara atau angin yang sepoi-sepoi ini didatangi oleh ribuan pengunjung dari berbagai daerah. 

"Rata-rata pengunjung yang datang pada libur lebaran tahun ini 5.000 orang setiap harinya," bebernya kepada blokTuban.com, Kamis (27/4/2023). 

Dengan jumlah kunjungan tersebut, maka prosentase kenaikan pengunjung di tempat ini mencapai 20 persen. Pasalnya, pada hari wekeend wisatawan yang datang hanya mencapai 3.000 orang. 

Sementara pada hari-hari biasa, seperti Hari Senin hingga Jumat, kunjungan wisatawan lebih sedikit, yaitu kurang lebih sebanyak 5.00 pengunjung. 

"Kunjungan naik 20 persen, biasanya di Hari Sabtu dan Minggu kunjungan hanya mencapai 3.000an," jelasnya.

Lebih lanjut, Maul sapaan akrabnya menambahkan, rata-rata per hari pihaknya mampu menjual tiket parkir motor sebanyak 800 pcs, tiket mobil 400 pcs, tiket elf 40 pcs, dan tiket bus sebanyak 4 pcs. 

Kendati wisata dengan luas lima hektar tersebut sudah banyak dikenal oleh masyarakat, namun pengelola wisata tidak menarik tiket masuk. Hanya saja, pengunjung dikenai biaya tiket parkir kendaraan saja. 

Dimana, untuk harga tiket parkir motor ditarik Rp5 ribu, mobil Rp10 ribu, mobil elf Rp20 ribu, bus mini Rp30 ribu, sementara untuk tiket parkir kendaraan bus besar di bandrol dengan harga Rp50 ribu. 

Untuk diketahui, selain dikelilingi oleh ratusan Pohon Cemara, Wisata Pantai Semilir juga dilengkapi oleh berbagai fasilitas lainnya. Seperti halnya spot foto, gazebo, kantin, musalla, kamar mandi, aula, hingga permainan anak-anak mulai dari ATV, ayunan hingga perahu karet.[Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS