10 Malam Terakhir Bulan Ramadan, Ribuan Warga Tuban Lakukan I'tikaf Bersama

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada 10 malam terakhir Bulan Ramadan, ada sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim, salah satunya yaitu melakukan i'tikaf.  

Diketahui i'tikaf sendiri merupakan berdiam diri di dalam masjid, dalam rangka untuk mencari ridha Allah SWT, serta bermuhasabah atas segala perbuatan-perbuatan yang telah dilakukan. Pada umumnya, i'tikaf dilakukan pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadan. 

Biasanya pada momen ini, banyak masjid yang menggelar kegiatan i'tikaf bersama-sama. Salah satunya dilakukan oleh Masjid Agung Tuban, yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. 

Pengurus Sekretariat Masjid Agung Tuban, Uswandi mengatakan jika antusias masyarakat di Kabupaten Tuban sangat luar biasa, dalam mengikuti i'tikaf bersama yang dilaksanakan pada malam-malam ganjil pada 10 malam terakhir Bulan Ramadan ini.

"Alhamdulillah i'tikaf bersama yang kembali diadakan pada Bulan Ramadan tahun ini, mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari masyarakat," ujarnya kepada blokTuban.com, Rabu (19/4/2023).

Bahkan setiap harinya, lanjutnya, jamaah yang hadir semakin meningkat hingga ribuan orang-orang, baik jamaah dari Tuban kota maupun sekitarnya. 

Adapun rangkaian kegiatan ibadah yang dilakukan selama i'tikaf bersama tersebut, meliputi Ratibul Haddad, Salat Tasbih, Salat Hajad, hingga Dzikir Asmaul Husna yang dimulai sejak pukul 00.00 Wib. 

"Kegiatan ini hanya ada 10 malam terakhir Bulan Ramadan, tapi hanya diambil lima hari pada malam-malam ganjil, yaitu malam 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan. Setiap hari meningkat kecuali malam 25 ada penurunan karena hujan, malam 27 ramadan kemarin masjid full lebih 1.200 jamaah," jelasnya. 

Melihat tingginya antusias dari masyarakat di Kabupaten Tuban dalam mengikuti i'tikaf bersama tersebut, maka ia memprediksi jika pada malam 29 Ramadan nanti, jamaah yang mengikuti akan lebih banyak dibandingkan sebelumnya, hingga 1.500 orang. 

Lebih lanjut, pria asal Kelurahan Kingking ini menambahkan, pada Kamis (20/4/2023) mendatang, pihaknya juga akan melaksanakan Salat Gerhana Matahari bersama, di Masjid Agung Tuban sekira pukul 10.00 Wib.

"Rencana hari kamis pagi, sekitar jam 10 perkiraan ada Gerhana Matahari akan dilaksanakan Salat Gerhana, juga momen Ramadan," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS