Asal Usul Desa Ketambul Tuban, Punya 4 Petak Hutan Wengkon

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Desa Ketambul merupakan salah satu desa di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Desa yang saat ini dipimpin oleh Kasmanan selaku Kepala Desa Ketambul. Terdiri dari 4 Dusun, yaitu Dusun Ketambul, Dusun Setro, Dusun Munyuk, dan Dusun Sembung, Selasa (11/04/2023).

Menurut Yupiter Utomo (49 tahun) selaku Kepala Dusun Munyuk Desa Ketambul menceritakan terkait sejarah Desa Ketambul. Ia mengatakan bahwa sejarah asal muasal Desa Ketambul karena saat ini tidak terdapat prasasti atau berupa catatan sejarah, maka sejarah Desa Ketambul hanya berdasarkan cerita dongeng dari mulut ke mulut oleh para sesepuh desa.

Konon dahulunya wilayah Desa Ketambul terdapat banyak air laut yang masuk pada daerah Ketambul. Kemudian terdapat batu kapur yang timbul di sekitar wilayah Desa Ketambul. Pasalnya, letak desa tersebut terbilang dekat dengan daerah pesisir laut.

“Jadi, awal nama Desa Ketambul itu dari kata ketimbul-ketimbul, ya memang kondisi geografisnya di daerah Ketambul agak tinggi dengan batu kapur dan keseluruhan daerah situ memang kapur semua,” ujar Kasun Munyuk kepada blokTuban.com.

“Dulu orang cari air itu di Dusun Ketambul itu karena ada sumbernya yang sangat jernih, segar, dan adem gitu karena banyak air yang masuk tadi kan. Jadi, asal kata Desa Ketambul ya dari kata ketimbul-ketimbul tadi,” Imbuhnya.

Desa Ketambul juga memiliki 3 punden yaitu pertama, punden Sumur Kuru yang terletak di Dusun Setro Mbah Buyut Kuru, punden Jedhing yang terletak di tengah-tengah Desa Ketambul yang dibuat sebelum terdapat sumur di daerah tersebut, dan punden Mbede yang teletak di Dusun Munyuk. Di sisi lain Desa Ketambul juga memiliki Hutan Wengkon sebanyak 4 petak. 

“Desa Ketambul juga mempunyai Hutan Wengkon, kalo pangkuanya itu milik perhutani Tuban tapi kalo wengkon wilayahnya itu milik Desa Ketambul itu ada 4 petak, 2 petak ikut RKBH Wangun dan 2 petak ikut RKBH Podang. Tapi hutanya ikut Tuban,” paparnya.

Adapun mayoritas mata pencaharian Desa Ketambul adalah petani dengan lahan sekitar 351 hektar. Sedangkan untuk mayoritas agama penduduk Desa Ketambul yakni bergama Islam. [Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS