5 Amalan Doa di 10 Hari Terakhir Bulan Ramadan

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Memasuki 10 hari terakhir di bulan Ramadan menjadi moment penting yang memiliki nilai kebaikan setara 1000 bulan. 

Pada 10  malam terakhir ini disebut sebagai malam Lailatul Qadar. dimana terdapat pada malam-malam ganjil di 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan yang dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sedang beri’tikaf di sepuluh hari terkahir bulan Ramadan.

Sebagaimana Rasulullah bersabda:

تَحَرَّوْا وفي رواية : الْتَمِسُوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنْ الْعَشْرِ

“Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan” [ Hadits Riwayat Bukhari 4/225 dan Muslim 1169 ].

Nabi Muhammad SAW pada 10 hari terakhir Ramadan menganjurkan umatnya fokus untuk melaksanakan ibadah sebaik mungkin agar meraup banyak pahala dengan memanjatkan doa.

Berikut ini 5 bacaan doa yang dapat diamalkan di 10 hari terakhir Ramadan, yang dikutip dari laman dompetdhuafa.org.

1. Bacaan Doa Mohon Diterimanya Ibadah Puasa

"Allahummaj ‘al shiyaamii fiihi shiyaamas shaaimiina wa qiyaami fiihi qiyaamal qaa imiina wa nabbihnii fihii ‘an naumatil ghaafiliin. Wa hablii jurmii fihii yaa ilahal ‘aalamiina wa’fu ‘annii yaa ‘afiyaan ‘anil mujrimiin."

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah puasa dan ibadahku di bulan ini seperti puasa orang-orang sejati. Bangunkanlah aku di bulan ini dari kelaparan tidur orang-orang yang lupa dan ampunilah segala kesalahanku. Wahai Tuhan semesta alam, dan ampunilah aku. Wahai pengampun orang-orang yang bersalah.”

2. Doa Mohon Terhindar dari Kesalahan dan Dosa

"Allahumma a’innii fiihi ‘ala shiyaamihi wa qiyaamihi wa jannibnii fiihi min hafawaa tihi wa aa tsaa mihi war zuqnii fiihi dzikraka bidawaa mihi bitaw fiiqika haa diyal mudhilliin."

Artinya: “Ya Allah, bantulah aku di bulan ini dalam melaksanakan puasa dan ibadah, jauhkanlah aku di bulan ini dari kesalahan dan dosa-dosa (yang tidak pantas dilaksanakan) di dalamnya, dan anugerahkanlah kepadaku di bulan ini (kesempatan untuk) mengingat-Mu untuk selamanya dengan taufik-Mu, wahai penunjuk jalan orang-orang yang sesat.

3. Doa Mohon Ampunan

"Alluhummaj ‘alnii fiihi minal mustagfiriina waj ‘alnii fiihi min ‘ibaadikas shaalihiinal qaa nitiina waj ‘alnii fiihi min au  liyaaikal muqarrabiina bira’afatika yaa arhamar raahimiin."

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku di bulan ini golongan orang-orang yang memohon pengampunan, jadikanlah aku di bulan ini dari golongan para kekasih-Mu yang dekat dengan-Mu. Dengan kasih sayang-Mu wahai Zat Yang lebih Pengasih dari para pengasih.

4. Doa Kebaikan Dunia dan Akhirat

"Rabbanaa, aatina fid dunyaa hasanah. Wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘azaabannaar."

Artinya: “Ya Allah, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.”

5. Doa untuk Orang Tua

"Alluhummaghfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa Rabbayaanii shaghiraa."

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta belaskasihlah kepada mereka berdua sebagaimana mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS