Buka Puasa Sering Kalap? Yuk Biasakan Berbuka dengan Tips Sehat dari dr Tirta dan dr Zaidul Akbar

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Sore hari menjelang buka puasa bisanya kebanyakan orang lapar mata ingin memakan berbagai macam hidangan dari kudapan hingga makanan berat sekaligus.

Namun dari kebiasaan tersebut, dr Zaidul Akbar dan dr Tirta mencoba mengoreksi cara buka buka puasa yang dinamakan kalap tersebut supaya aman dan sehat untuk tubuh. 

Diketahui saat berpuasa akan terjadi pembakaran lemak menjadi energi sehingga dapat menurunkan berat badan. The American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa berpuasa dapat meningkatkan kadar norepinefrin di dalam tubuh sehingga penurunan berat badan terjadi.

Berikut ini tips buka puasa sehat menurut dr Tirta Mandira Hudhi yang dikutip dari akun instagramnya untuk berbuka dengan makanan yang mengnadung gula kompleks.

"Batalkan puasa dengan makanan mengandung gula kompleks contoh kurma, pisang, apel, roti dan cairan elektrolit seperti air mineral," ujar dr Tirta.

Jadi setelah mengkonsum kurma atau buah maka kemudian makan beratnya dilakukan 1-2 jam setelah magrib yaitu diantara magrib dan isya.

Terkait tips berbuka yang aman bagi perut ini juga disampaikan dr Zaidul dengan menghilangkan kebiasaan berbuka dengan makanan berat.

"Makan buah kurma saja cukup bisa 3, 5, 7. Selain itu kurma paling cocok dikonsumsi dengan vitamin C. Apa saja vitamin C? Bisa dengan semangka atau jeruk," ujarnya di kutip di channel youtube dr Zaidul Akbar Official.

Brulah setelah berbuka dengan makanan sehat tersebut minum air putih. Maka dengan melakukan hal itu sudah terasup dengan banyak gizi untuk tubuh saat buka puasa.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS