Puasa di Bulan Ramadan Membawa Manfaat Bagi Kesehatan Pembuluh Darah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Terdapat sebuah kesalahpahaman umum yang menganggap puasa melemahkan tubuh. Padahal yang terjadi adalah sebaliknya, justru puasa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penelitan para ilmuwan bahkan menunjukkan puasa penuh selama bulan Ramadan menyehatkan. Selain itu puasa Ramadan merupakan puasa wajib yang masuk dalam rukun Islam yang hukumnya wajib dilaksanakan. 

Sebagaimana Allah Berfirman:

يٰٓاَيُّهَاالَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامَ كَمَا كُتِبَ عَلَی الَّذِيۡنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ. اَيَّامًا مَّعْدُوْدَاتٍ. فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰی سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ. وَعَلَی الَّذِيۡنَ يُطِيْقُوْنَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍ. فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيۡرٌلَّهُ. وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيۡرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعۡلَمُوۡنَ.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (yaitu) dalam beberapa hari tertentu. Barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya mengganti) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui."

Baca juga:

Konsumsi Kurma Selama Puasa Ramadhan Bermanfaat Cegah Anemia dan Sumber Energi

 

Aman Berpuasa, Atasi Maag dan Asam Lambung dengan Terapi Herbal Ala dr Zaidul Akbar

Manfaat puasa Ramadan ini berkaitan dengan kehsehatan, utamnya bagi mereka yang bermasalah adanya gangguan yang berkaitan kelancaran aliran pembuluh darah.

Puasa membantu menjaga tekanan darah lebih sehat. Studi menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan tekanan darah. Akibatnya, mengurangi risiko penyakit jantung.

Pemeliharaan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung. Ketika ada kadar kolesterol yang berlebihan dalam darah, itu dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis di mana arteri menjadi menyempit dan aliran darah ke otot jantung terganggu. 

Hal ini menyebabkan perkembangan penyakit jantung. Puasa membantu mengurangi kadar kolesterol dan mempertahankannya ke tingkat yang ideal. Hal ini pada gilirannya mengurangi risiko untuk mengembangkan penyakit jantung .

Mengendalikan Diabetes

Diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi, yang pada gilirannya menyebabkan perkembangan penyakit jantung. Selama jam puasa, gula yang disimpan (dalam bentuk glikogen) di hati, digunakan oleh tubuh. Waktu yang dibutuhkan tubuh untuk memanfaatkan gula yang disimpan ini hingga 8 jam. Akibatnya, kadar gula berkurang , dan risiko terkena penyakit jantung juga.

Penurunan Berat Badan

Obesitas adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung. Menjadi gemuk dapat menyebabkan perkembangan bahan lemak di arteri Anda, sehingga suplai darah ke jantung tersumbat yang menyebabkan gagal jantung.

Selama puasa berkepanjangan, ketika simpanan glikogen habis, tubuh Anda mulai menggunakan lemak untuk energi, bukan glikogen. Hal ini akan berdampak pada berkurangnya lemak berlebih dari tubuh Anda, berkurangnya berat badan, dan pada akhirnya risiko terkena penyakit jantung pun berkurang.

Pencernaan dan Kekebalan Tubuh

Puasa mengurangi asam lambung, yang pada gilirannya mencerna makanan dan mengurangi bakteri.

Puasa juga membantu menjaga kesehatan usus . Puasa sebulan penuh selama bulan Ramadan, merangsang produksi sel darah putih baru. Ini adalah regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh . Hal ini akan semakin memperkuat tubuh dalam menangkal berbagai infeksi bakteri dan virus.

Kesehatan Psikologis

Ketika orang menghindari kebiasaan tidak sehat selama bulan Ramadan, melatih pengendalian diri, menghindari pikiran yang tidak perlu, mereka menjadi lebih bertenaga dan kuat secara psikologis .

Peningkatan Kognitif

Puasa meningkatkan kognisi dan kemampuan berpikir . Ini memperlambat degenerasi saraf, mengurangi kerusakan otak , dan meningkatkan pemulihan fungsional setelah stroke.

Itulah sederet manfaat puasa di bulan Ramadan bagi kesehatan pembuluh darah yang terkait dengan kesehatan seluruh baik dalam dan luar tubuh. 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS