Konsumsi Kurma Selama Puasa Ramadhan Bermanfaat Cegah Anemia dan Sumber Energi

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Buah kurma yang dikenal bisa berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim ini meniympan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, terlebih apabila dikonsumsi selama Ramadhan.

Dari sekian manfaat buah kurma, untuk orang yang sedang berpuasa wajib yang satu bulan penuh ini dapat menjadi sumber energi bagi yang mengkonsumsinya.

Tidak kalah penting adalah manfaat kurma untuk meringankan anemia atau kondisi dimana seseorang ketika tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup.

Baca juga: Sulap Kurma Jadi Suguhan Saat Lebaran Simpel, Simak Resepnya Yuk Bunda!

Berikut ini selengkapnya manfaat buah kurma yang dirangkum dari Medical News Today sebab mengandung kalori, lemak, karbohidrat, protein, serat, vitamin B6, dan sejumlah mineral seperti zat besi, magnesium, dan potasium yang semuanya baik untuk tubuh. 

1. Meringankan Gangguan Pencernaan

Kandungan serat dan asam amino yang terdapat pada buah kurma membantu merangsang pencernaan makanan dan memastikan prosesnya berlangsung optimal. Serat ini juga membantu meringankan kondisi gangguan saluran cerna, termasuk GERD, wasir, dan divertikulitis. 

2. Sumber Energi yang Baik

Untuk beraktifitas seharian dengan kondisi sedang berpuasa membuthkan energi yang besar dibanding ketika hari normal. Siapa sangka, berdasarkan studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi kurma bisa membantu kamu mendapatkan kembali energi yang telah hilang selama beraktivitas. 

baca juga: Tanpa Obat Kimia, Resep dr Zaidul Akbar Pakai Alpukat dan Kurma Bikin Berat Badan Ideal

3. Meringankan Anemia

Buha kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh. Kekurangan zat besi bisa mengakibatkan terjadinya anemia yang ditandai dengan kelelahan, pusing, hingga kulit yang memucat. Konsumsi kurma disinyalir mampu meringankan gejala anemia yang kamu alami. 

4. Mencegah Penyakit Jantung

Satu yang tidak kalau penting manfaat kurma bisa mencegah dari bahaya penyakit jantung. Pasalnya, buah ini membantu mengurangi kadar trigliserida dan stres oksidatif yang menjadi faktor utama risiko terjadinya penyakit jantung dan atherogenesis atau penumpukan plak lemak pada arteri. Kandungan antioksidan dan phytochemicalnya juga dapat mengurangi risiko terjadinya stroke dan gangguan jantung. 

baca juga: Bisa untuk Ide Jualan di Bulan Ramadhan, Ini Dia Resep Susu Kurma Segar

5. Meningkatkan Kesehatan Otak

Dilansir dari Neural Regeneration Research, kurma memberikan perlindungan terhadap stres oksidatif dan peradangan pada otak. Buah ini adalah sumber serat dan makanan yang baik serta kaya akan antioksidan alami yang membantu memperlambat perkembangan penyakit demensia dan Alzheimer. 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS