10 Oleh-oleh Khas Tuban yang Paling Populer di Toko Asih

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Kabupaten Tuban terkenal akan sejumlah tempat destinasi wisata. Hal tersebut membuat Tuban banyak di kunjungi oleh para wisatawan. Nah, selama menikmati destinasi wisata, kalian wajib coba oleh-oleh khas Tuban yang ada di Toko Asih.

Toko yang berdiri sejak 1975 ini berada di jalur pantura tepatnya di JL RE. Martadinata No.13, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Wiwid (47 tahun) selaku karyawan toko Asih mengaku telah menjadi karyawan selama 21 tahun terhitung sejak tahun 2002. Sedangkan untuk jam operasionalnya toko Asih buka setiap hari mulai pukul 07.00-21.00 WIB, Sabtu (4/3/2023).

Banyaknya oleh-oleh khas Tuban terkadang membuat wisatawan kebingungan untuk membeli oleh-oleh. Agar tidak kebingungan, berikut 10 oleh-oleh khas Tuban yang paling populer di toko Asih.

1. Terasi

Tuban menjadi salah satu kota yang memiliki olahan terasi yang sangat populer. Biasanya produk ini dijual dalam bentuk kotak yang dimasukkan ke dalam sebuah plastik tertutup rapat.

Produk satu ini dapat kalian dapatkan di toko Asih. Adapun terasi pada toko ini juga beraneka ragam tergantung kualitas terasi mulai dari yang paling enak tingkat 1 sampai tingkat 4 dengan ukuran masing-masing 250 gram. Tingkat 1 dengan harga Rp21 ribu, tingkat 2 dengan harga Rp18 ribu, tingkat 3 dengan harga Rp11 ribu, dan yang terakhir tingkat 4 dengan harga Rp8 ribu.

2. Petis

Petis udang merupakan salah satu bumbu khas toko asih yang terbuat dari sari udang yang masih segar. Produk petis ini merupakan olahan toko asih sendiri yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengawet jadi aman untuk di konsumsi, dengan rasa pedas manis serta dapat bertahan selama 2-6 bulan tanpa bahan pengawet. Untuk harga jual petis sendiri yaitu Rp18 ribu dengan berat 250 gram.

3. Ikan Asin (kering)

Ikan asin Tuban pasti sangat mudah kalian temui termasuk di toko Asih, serta yang istimewa adalah pengolahannya yang tidak menggunakan bahan pengawet. Jadi, pasti aman untuk dikonsumsi.

Adapun ikan asin yang paling best seller pada toko asih yaitu: ikan bulu ayam, ikan jambal roti, ikan terang bulan, dan ikan jambrong tarakan.

Untuk harga ikan bulu ayam Rp16,5 ribu per 100 gram, ikan terang bulan Rp27,5 ribu, ikan jambal roti untuk yang potongan Rp29 ribu dan yang utuh Rp115 ribu per 1 kg dan yang tak kalah laris adalah ikan jambrong tarakan yang berasal dari tarakan kalimantan Rp28 ribu per 100 gram.

4. Ikan Asin yang sudah masak

Selain ikan asin mentah di toko asih juga menjual ikan asin yang sudah masak. Jadi, sudah siap untuk di santap!. Olahan ikan asin juga di produksi oleh toko asih sendiri, yang berasal dari ikan asin kering dengan tepung kemudian di goreng seperti peyek ikan.

Adapun ikan yang biasa di masak ada ikan terang bulan, bulu ayam, jambrong, dan lain-lain, dengan harga mulai Rp25 ribu per 200 gram.

5.Keripik Gayam

Gayam merupakan sebuah tumbuhan yang khas dari Tuban. Tanaman ini kemudian dimanfaatkan oleh masyarkat sekitar untuk di olah menjadi keripik. Salah satu toko yang dapat anda kunjungi untuk menemukan keripik gayam ini yaitu toko asih.

Teksturnya yang renyah dengan rasa yang gurih ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat liburan. Harga keripik gayam sendiri cukup terjangkau mulai Rp 18 ribu sampai Rp30 ribu. 

6. Kentang Udang

Selain makanan diatas terdapat kentang udang yang dapat dijadikan oleh-oleh yang tak kalah laris, kentang udang ini di produksi hasil olahan toko asih yang termasuk makanan yang diminati para wisatawan.

Untuk harga jual kentang udang yaitu Rp15 ribu dengan berat 200 gram (matang) dan Rp15 ribu dengan berat 250 gram (mentah).

7. Blinjo Udang

Oleh-oleh selanjutnya yang dapat kalian dapatkan yaitu blinjo dengan bumbu udang asli olahan toko asih. Blinjo udang sendiri memiliki 2 pilihan rasa yaitu ada rasa manis dan ada rasa pedas.

Untuk harga jual blinjo udang yaitu Rp25 ribu dengan berat 150 gram (matang) dan Rp29 ribu dengan berat 150 gram (mentah).

8. Sambal Pecel

Sambal pecel khas toko asih ini merupakan produk olahan sendiri yang dibuat tanpa bahan pengawet sehingga dapat bertahan selama 2-6 bulan. Sedangkan untuk harga jual yaitu Rp18 ribu dengan kemasan seberat 250 gram.

9. Sambal Goreng Pedo dan Sambal Goreng Jambal

Oleh-oleh yang tak kalah laris yaitu aneka macam sambal seperti sambal goreng pedo dan sambal goreng jambal yang di produksi oleh toko asih sendiri serta dapat bertahan sekitar 2-6 bulan.

Harga sambal goreng pedo dan sambal goreng jambal sendiri cukup terjangkau yaitu Rp25 ribu dengan kemasan seberat 200 gram.

10. Kecap Laron 

Kecap Laron merupakan sebuah merek kecap yang legendaris di Tuban. Kecap cap laron ini terbuat dari bahan kedelai hitam pilihan, sehingga menghasilkan rasa dan tekstur lebih kental dan manis.

Harga kecap laron ini tidak terlalu mahal yaitu mulai dari kemasan kecil 300ml Rp17 ribu sampai Rp30 ribu untuk kemasan botol.

Selain melayani di tempat, toko Asih juga dapat melayani melalui e-commers seperti: Shopee (tokoasihtuban), Tokopedia (TokoAsihTuban), Instagram (tokoasih.tbn), dan Whatsapp (081217962366).

Wanita 47 tahun tersebut mengatakan bahwa omzet tokoh hanik sebelum covid-19 dapat mencapai Rp5 juta shingga Rp6 juta per hari, akan tetapi pada saat covid sempat menurun drastis menjadi Rp500 ribu dan untuk saat ini omzet di toko asih sudah mulai membaik.

“Sedangkan untuk momen yang paling laris di toko ini biasanya Sabtu dan Minggu serta pada saat liburan,” Jelasnya. 

Di sisi lain, banyaknya jenis produk yang dapat dijadikan oleh-oleh, fasilitas yang ada di toko asih juga cukup baik seperti: tempat parkir dalam yang luas, mushola, gazebo, dan adanya toilet yang cukup banyak sehingga cocok bagi para wisatawan. [Lia/Ali]

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS