7 Oleh-Oleh Khas Tuban yang Wajib Dicoba Saat Ziarah Sunan Bonang

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Wisata religi Sunan Bonang yang berada di Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban hampir tak pernah sepi dari peziarah. Makam satu dari 9 wali tersebut sayang dilewatkan apabila kalian sedang berada di Tuban.

Ketika kalian sedang berziarah di Sunan Bonang Tuban, pastinya akan di suguhkan dengan banyaknya pedagang yang berjualan beraneka jajanan Khas Tuban.

Salah satu pedagang Sunan Bonang yang berjualan aneka jajanan oleh-oleh Khas Bonang ialah bapak Abdul (60 tahun). Ia mengaku sudah berjualan selama 45 tahun dan lapaknya tepat di depan pintu masuk makam Sunan Bonang, Kamis (2/3/2023).

Nah, jika kamu sedang ziarah di Sunan Bonang, wajib coba oleh-oleh Khas Tuban. Berikut ini 7 referensi oleh-oleh Khas Tuban yang bisa kamu jadikan oleh-oleh untuk yang tersayang!

 

1. Dodol

Makanan satu ini sangat mudah di temui di Tuban. Ada banyak pedagang yang berjualan makanan manis satu ini, termasuk di sekitar wisata Sunan Bonang. Untuk harga makanan manis ini biasanya di jual dengan harga kisaran mulai dari Rp10 Ribu saja.

2. Jenang

Makanan Khas Tuban selanjutnya yang tak kalah laris yaitu jenang, letaknya pun sangat mudah di temukan. Kalian dapat menemukan makanan satu ini yang sedang di jual pada area lorong masuk makam Sunan Bonang. Untuk satu kilogram jenang, biasanya cukup murah yaitu Rp20 Ribu per kilogram.

 

3. Dumbek

Kue dumbek merupakan jajanan Khas Tuban dengan tampilanya yang cukup unik. Makanan ini berbentuk seperti terompet dengan bagian luar yang dililit dengan menggunakan daun siwalan atau lontar. 

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat dumbek antara lain tepung beras, gula merah, parutan kelapa, garam, daun pandan, dan santan. Untuk satu biji dumbek biasanya dijual dengan harga Rp1 Ribu hingga Rp3 Ribu tergantung dari ukuran serta harga bahan.

 

4. Legen

Air legen ini berasal dari hasil sadapan buah siwalan, sehingga air sadapan tersebut memiliki karakteristik rasa yang cukup unik, yakni perpaduan rasa antara manis dan asam.

Harga legen ini pun juga dibandrol cukup murah. 1 botol besar di tawarkan mulai harga Rp10 Ribu hingga Rp15 Ribu. Nah, kalian tidak perlu bingung untuk mencari lokasi penjual legen, Sebab hampir semua toko oleh-oleh Khas Bonang ini pasti menjual legen.

 

5. Siwalan

Di Kabupaten Tuban ini, buah siwalan menjadi salah satu jenis buah yang dapat kalian jadikan sebagai oleh-oleh keluarga tersayang!

Sekilas buah ini mirip dengan kolang-kaling, akan tetapi memiliki tekstur yang lebih lembut dengan ukuran yang lebih besar. Sedangkan untuk harga buah siwalan ini di tawarkan mulai harga Rp10 Ribu hingga Rp15 Ribu saja.

 

6. Ikan Asin

Tuban terkenal akan kekayaan produksi ikan, salah satunya adalah ikan asin Khas Tuban yang terkenal dengan rasanya yang gurih, empuk, dan tahan lama.

Harga ikan asin Khas Tuban ini juga bervariatif. Mulai dari Rp10 Ribu hingga Rp50 Ribu tergantung jenis ikan dan ukurannya. Untuk lokasi penjual ikan asin ini juga sangat mudah di temui pada kawasan Wisata Sunan Bonang karena setiap penjajah oleh-oleh pasti menjualnya. 

 

7. Terasi dan petis

Oleh-oleh selanjutnya yang tak kalah menarik yaitu terasi dan petis Tuban. Sebab, terasi dan petis dari Tuban ini memiliki rasa yang khas. Sehingga, sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat kamu sedang berada di Tuban. 

Harga dari terasi dan petis khas Tuban ini pun juga sangat terjangkau, mulai dari harga sekitar Rp5 Ribu hingga Rp25 Ribu per bungkus untuk harga terasi, serta Rp10 Ribu hingga Rp25 Ribu per cup untuk harga petis.

Buruan kalian wajib coba! [Lia/Ali]

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban. 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS