6 Kejadian Penting di Bulan Sya'ban, dari Pernikahan Nabi Muhammad hingga Malam Nisfu Sya'ban

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Bulan Sya'ban pada 1444 H atau 2023 bertepatan dengan hari Rabu, 22 Februari 2023. 

Pada bulan in terdapat sejumlah peristiwa atau kejadian penting yang terjadi dengan melibatkan Nabi Muhammad SAW.

Salah satunya adalah malam Nisfu Sya'ban adalah malam di mana seorang muslim dianjurkan terjaga dan melakukan ibadah. 

Berikut ini kejadian-kejadian penting yang terjadi di Bulan Sya'ban:

1) Perpindahan Kiblat Umat Islam

Di Bulan Sya'ban, ada peristiwa pindahnya kiblat umat Islam dari Baitul Maqdis di Palestina ke Masjidil Haram di Mekah. Ini terjadi tepatnya pada 16 atau 17 bulan usai Nabi Hijrah dari Mekah ke Medinah, atau tahun kedua menurut kalender hijriah.

3) Turunnya Perintah Puasa Ramadan

Pada bulan Sya’ban, perintah berpuasa datang dari Allah SWT. Ini terjadi pada tahun kedua hijriah. Itulah alasan, kenapa bulan Sya’ban dianggap sebagai penanda datangnya bulan suci Ramadan. 

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (Al-Baqarah ayat 183).

4) Turunnya perintah sholawat 

Hal ini berkaitan dengan turunnya QS al-Ahzab:56 yang berisi perintah bersholawat kepada Nabi Muhammmad SAW. Itulah alasan, bulan Sya'ban disebut juga bulan Selawat Nabi. 

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya. (QS Al-Ahzab ayat 56)

5) Pernikahan Nabi Muhammad

Pada bulan Sya'ban, Nabi Muhammad melangsungkan pernikahan. Pada bulan ini, Nabi Muhammad menikah dengan dengan Siti Hafshah dan Siti Juwairiyah

6) Lahirnya cucu Rasulullah Sayyidina Husein

Pada bulan Sya’ban ini juga merupakan tanggal lahirnya Sayyidina Husein, cucu dari Nabi Muhammad yang lahir pada tanggal 3 Sya’ban. 

Beliau adalah cucu kesayangan Nabi Muhamamad yang berasal dari pernikahan Ali bin Abi Thaliba dan putri kesayangan Nabi Sayyidah Aisyah. 

7) Malam Nisfu Syakban

Ini merupakan malam kelima amal saleh dan buruk diangkat ke langit untuk dihitung. Malam Nisfu Sya'ban terjadi pada pertengahan bulan Sya'ban. Sebuah malam yang harus diisi dengan ibadah dan doa, serta ampunan kepada Allah SWT.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS