Puluhan Karya dari Seniman Lintas Daerah Dipamerkan di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Para seniman di Kabupaten Tuban yang bekerjasama dengan  Yayasan Ruang Seni Pribumi mengadakan pameran seni rupa, bertempat di Gedung Budaya Loka tepatnya di Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan/ Kabupaten Tuban.

Pameran yang bertajuk Titik Kumpul ini, diikuti  oleh 16 perupa dari berbagai kota/ kabupaten. Mulai dari  Kabupaten Tuban, Surabaya, Malang Gresik, Batu, hingga Jakarta. Dari pantauan blokTuban.com di lokasi, terdapat kurang lebih 27 karya seni yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis.

Salah seorang seniman Tuban, Siswandi mengungkapkan selain lukisan, juga ada beberapa instalasi yang dipamerkan sejak Sabtu, (18/2/2023) lalu  hingga (28/2/2023) mendatang.

“Tujuannya kenapa pameran seni rupa titik kumpul, karena kita dari beberapa daerah. Kegiatan ini yang pertama kali, jadi harapan dari para pengunjung dan teman-teman semuanya, mudah-mudahan ini bisa dilakukan setiap tahun,” katanya kepada blokTuban.com saat ditemui di lokasi pameran, Rabu (22/2/2023).

Selama pameran ini berlangsung, lanjutnya, ada beberapa  Kendala yang dialaminya, terutama dalam  segi fasilitas yang masih terbatas. Seperti halnya sketsel pameran, serta lighting  yang digunakan sebagai pencahayaan karya yang dipamerkan tersebut.

Pasalnnya, lighting sendiri dinilai sangat penting dalam sebuah pameran seni rupa. Sebab, selain digunakam sebagai pencahayaan, lighting juga digunakan untuk membangun suasana  karya seni tersebut.

Pelajar SD nampak antusias melihat salah satu karya seni yang dipamerkan di Gedung Budaya Loka Tuban. (bloktuban/sav)

“Lighting untuk pencahayaan karya ini, kita juga sangat minim dan belum memiliki. Kita saat ini ambil dibeberapa teman yang mensupport kegiatan ini,” lanjutnya.

Lebih lanjut, pria ramah ini berharap untuk ke depannya kegiatan tersebut dapat dilaksanakan kembali dan bisa mengakomodir seluruh seniman, baik di Kabupaten Tuban maupun luar kabupaten. Sehingga masyarakat  dapat menikmati karya-karya yang telah dibuat tersebut.

Sementara salah seorang pengunjung, Hudi mengungkapkan sangat senang dengan adanya kegiatan ini. Pasalnya, pameran tersebut juga dapat digunakan sebagai ajang untuk memperkenalkan karya seni rupa, kepada peserta didiknya.

“Pameran lukisan seperti ini baru diadakan lagi setelah Covid, jadi ini media edukasi buat siswa-siswi dan banyak manfaatnya untuk pelajar-pelajar di Kabupaten Tuban,” ujarnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS