4 Persoalan Serius yang Dibahas Kapolres Tuban Saat Sertijab Enam Perwira

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com –  Rotasi atau pergantian jabatan di lingkungan Polres Tuban kembali terjadi. Setidaknya ada dua Kasat dan empat Kapolsek yang di mutasi serta dua Wakapolsek promosi menjadi Kapolsek.

Pergeseran jabatan tersebut tertuang dalam Keputusan Kapolda Jatim : KEP/15/I/2023 tanggal 20 Januari 2023. Selanjutnya serah terima jabatan dilaksanakan di lapangan Mapolres Tuban dipimpin oleh Kapolres Tuban AKBP Rahman Wijaya, dan dihadiri para pejabat utama beserta Kapolsek jajaran pada, Sabtu (04/01/2023).

Dua Kasat yang dimutasi adalah AKP Arum Inambala, Kasat lantas polres digantikan oleh AKP Kadek Aditya Yasa Putra, yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Blitar.

Selanjutnya Kasat Binmas Polres Tuban AKP Ali Kanta yang promosi menjadi Kapolsek Babat Kabupaten Lamongan dan digantikan oleh AKP Rukimin.

Lalu, empat Kapolsek yang di antaranya Kapolsek Widang AKP Rukimin yang promosi menjadi Kasat Binmas Polres Tuban. Posisi Kapolsek Widang akan diisi oleh AKP Simon Triyono yang sebelumnya menjadi kapolsek Palang.

Selanjutnya Posisi Kapolsek Palang akan diisi oleh AKP Carito sebelumnya menjabat sebagai Kapolsek Semanding. Kemudian Kapolsek Singgahan, AKP Suharto sendiri akan menempati jabatan barunya sebagai Kasubbag Dalops Bagops Polres Tuban.

Baca juga:

Kapolres Rahman Sadar Banyak Celah di Kamtibmas Tuban

Dua Wakapolsek menjadi Kapolsek yaitu Iptu Mohammad Yusuf semula Wakapolsek Jenu mendapatkan promosi jabatan sebagai Kapolsek Semanding. Sedangkan Iptu Suhardi Wakapolsek Jatirogo dipercaya menjadi Kapolsek Singgahan

Upacara diawali penyematan tanda jabatan oleh Kapolres Tuban dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan sesuai agama masing-masing pejabat. Setelah itu, para pejabat baru menandatangani berita acara serah terima jabatan, berita acara sumpah jabatan serta pakta integritas.

Usai kegiatan AKBP Rahman Wijaya mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi kepada seluruh perwira yang mendapat amanah jabatan baru, terutama kepada AKP Arum Inambala yang akan bertugas ke Jember

“Atas nama pimpinan Polres Tuban beserta staf kami ucapkan terima kasih dan apresiasi luar biasa kepada AKP Arum atas kinerja dan dedikasinya selama menjabat di Polres Tuban, meskipun jarak jauh tolong tali silaturahmi agar tetap terjaga,” ucap AKBP Rahman Wijaya, Sabtu (04/02/2023).

Kapolres Tuban juga berpesan agar setiap pengalaman yang baik selalu dibawa di tempat bertugas yang baru. Sedangkan jika itu pengalaman jelek maka jangan ikut dibawa.

Selain itu ia juga menyinggung para Kapolsek yang baru menjabat, terkait beberapa persoalan yang ada di Tuban seperti, terkait titik puncak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) walaupun saat ini sudah menunjukkan penurunan, namun dia minta tidak boleh underestimate.

Selain PMK, permasalahan perguruan pencak silat yang ada di wilayah Kabupaten Tuban, supaya Kapolsek memberikan perhatian yang lebih agar permasalahan tidak berkembang. Selain itu juga, Pria asal Banyuwangi ini mengingat kan terkait vaksinasi bahwa pada bulan ini ada vaksin yang akan expired, ia memberikan penekanan kepada para Kapolsek agar segera dihabiskan.

Selain kepada Kapolsek baru ia juga berpesan kepada Kasat lantas yang baru agar bisa meminimalisir angka kecelakaan yang ada di Kabupaten Tuban.

Kepada seluruh pejabat, ia menekankan bahwa kunci kesuksesan dalam pelaksanaan tugas adalah sinergitas, Rahman mengharapkan kepada seluruh pejabatnya untuk tidak ada yang saling menjatuhkan maupun saling menjelekkan.

"Apabila kita memiliki kelebihan, memiliki kemampuan tolong digunakan untuk menyempurnakan kekurangan orang lain bukan untuk menjatuhkan orang lain," tutupnya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS